Truk BBM Terbakar Lagi, Jasa Marga Imbau Pertamina

Truk BBM Terbakar Lagi, Jasa Marga Imbau Pertamina
Pertamina. Foto: dok jpnn

jpnn.com - jpnn.com - Jasa Marga menyayangkan terbakarnya truk pengangkut BBM milik PT Pertamina di jalan Tol Jagorawi Km 11 arah Bogor, Minggu (26/2) dini hari.

Karena itu Jasa Marga mengimbau kepada instansi terkait untuk lebih menseleksi perusahaan penyedia jasa ekspedisi/logistik/angkutan umum, dan memberikan sanksi untuk tidak memakai jasanya kembali, jika terjadi kecelakaan fatal (seperti kebakaran) atau kendaraan tidak layak operasi.

Terlebih, selama beberapa kali truk pengangkut BBM milik PT Pertamina yang terbakar.

Dalam catatan Jasa Marga, beberapa kali terjadi kecelakaan serupa. Pada September 2016 lalu, truk LPG Pertamina terguling di jalan Tol Jagorawi dan akses keluar Gerbang Tol Ciawi ditutup total karena menutup seluruh lajur dan proses evakuasi memakan waktu hingga 24 jam.

Masih di bulan yang sama, Truk BBM Pertamina terbakar setelah menabrak Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) di Jalan Tol Porong-Gempol, yang menyebabkan kendaraan mini bus di belakang truk tersebut ikut terbakar.

Kecelakaan yang sempat menutup dua lajur sekaligus tersebut mengakibatkan 1 (satu) korban meninggal dunia.

Pada Oktober 2016, kecelakaan di Jalan Tol Jakarta Cikampek sekitar Dawuan melibatkan dump truck dan kontainer, mengakibatkan ditutupnya 3 lajur arah Cikampek selama sembilan jam.

"Penutupan jalan tol dan kepadatan sebagai imbas kecelakaan-kecelakaan tersebut tentunya merugikan masyarakat umum, khususnya pengguna jalan tol lainnya. Bukan hanya kerugian dari sisi materiil yang harus ditanggung, namun jalan tol yang ditutup karena proses evakuasi mengakibatkan tertundanya perjalanan dan distribusi barang/jasa, bahkan hilangnya nyawa dalam kejadian dimaksud," ujar AVP Corporate Communication Dwimawan Heru.

Jasa Marga menyayangkan terbakarnya truk pengangkut BBM milik PT Pertamina di jalan Tol Jagorawi Km 11 arah Bogor, Minggu (26/2) dini hari.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News