Truk Pengangkut Imigran Terbalik, 19 Tewas

Truk Pengangkut Imigran Terbalik, 19 Tewas
Imigran ilegal jadi sasaran para penjual budak di Libya. Foto: AFP

jpnn.com, TRIPOLI - Impian ratusan imigran asal Somalia dan Eritrea untuk menginjakkan kaki di Benua Biru kandas. Truk yang mereka tumpangi oleng dan terbalik Rabu (14/2) sekitar pukul 03.00 di Jalan Soof Jeen, dekat Kota Bani Walid.

Sebanyak 19 orang di dalamnya tewas dan 79 lainnya luka-luka. Perempuan dan anak-anak termasuk dalam daftar korban luka. Korban jiwa bisa bertambah karena luka 8 korban cukup parah.

Seluruh korban tewas dan luka awalnya dibawa ke Rumah Sakit Bani Walid. Mereka yang terluka cukup parah dibawa ke Tripoli yang jaraknya sekitar 180 kilometer dari Bani Walid.

”Sopirnya tidak ada di rumah sakit ini. Kami tidak tahu apa yang terjadi padanya. Sangat mungkin dia selamat,” ujar Mohamed Al Mabrouk, manajer Rumah Sakit Bani Walid, seperti dilansir Reuters kemarin (15/2).

Relawan di lokasi kejadian mengungkapkan bahwa truk nahas itu membawa 250–300 orang. Belum diketahui penyebab terbaliknya kendaraan tersebut. Sangat mungkin itu terjadi karena kapasitas truk yang berlebihan. Mereka yang lolos dari maut dan tak terluka akhirnya melarikan diri.

Para imigran tersebut memang patut ketakutan dan lari. Sebab, mereka masuk secara ilegal. Jika sampai tertangkap, mereka bakal berakhir di dalam penjara. Mereka diselundupkan para pedagang manusia dan rencananya dibawa ke area pantai Libya.

Biasanya dari situ mereka akan dinaikkan perahu menuju Laut Mediterania dengan harapan bisa ditolong kapal internasional dan dibawa menuju Italia atau negara-negara lain di Benua Biru.

Banyak yang berakhir tewas di tengah laut setelah kapal yang mereka tumpangi terbalik. Sama dengan truk itu, kapal untuk para imigran gelap tersebut dijejali banyak orang hingga mereka hampir-hampir tak bisa bergerak.

Impian ratusan imigran asal Somalia dan Eritrea untuk menginjakkan kaki di Benua Biru kandas. Truk yang mereka tumpangi oleng dan terbalik Rabu (14/2)

Sumber Jawa Pos

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News