Trust Indonesia: Elektabilitas Prabowo Unggul Dibanding Anies & Ganjar di Jawa Barat

Trust Indonesia: Elektabilitas Prabowo Unggul Dibanding Anies & Ganjar di Jawa Barat
Survei Trust Indonesia menunjukkan Prabowo Subianto menjadi calon presiden dengan elektabilitas paling tinggi di Jawa Barat. Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Survei Trust Indonesia menunjukkan Prabowo Subianto menjadi calon presiden dengan elektabilitas paling tinggi di Jawa Barat, yakni sebesar 36,2 persen.   

Direktur Eksekutif Trust Indonesia Azhari Ardinal mengatakan bahwa angka tersebut terpaut tipis dengan Anies yang mendapat elektabilitas sekitar 34,2 persen.

Sementara itu, capres PDI Perjuangan Ganjar Pranowo hanya memperoleh elektabilitas sebesar 12,9 persen.

“Masyarakat Jawa Barat memilih Prabowo Subianto sebagai Calon Presiden pilihan mereka. Pak Prabowo berhasil memperoleh popularitas dan elektabilitas tertinggi,” ucap Azhari dalam keterangan tertulisnya, Selasa (8/8).

Selanjutnya, dari segi Top of Mind, Anies Baswedan yang diusung Partai NasDem, Demokrat, dan PKS justru menduduki posisi nomor sebagai calon presiden pilihan di Jabar.

Anies Baswedan berada pada Top of Mind dengan angka sebesar 27,7 persen, Prabowo Subianto sebesar 26,4 persen, dan Ganjar Pranowo 11,5 persen.

“Anies Baswedan di Jawa Barat menempati Top of Mind calon presiden. Sebagai calon presiden pertama yang dideklarasikan, orang Jawa Barat pun akhirnya sangat mengenal Anies. Dia mendapatkan efek besar dari hal tersebut,” kata Azhari.

Dalam survei yang digelar Trust Indonesia pada 1-10 Juli 2023 lalu, Partai Gerindra pun menjadi partai politik (Parpol) yang paling banyak dipilih oleh masyarakat Jawa Barat.

Survei Trust Indonesia menunjukkan Prabowo Subianto menjadi calon presiden dengan elektabilitas paling tinggi di Jawa Barat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News