JPNN.com

Kementan Mereplikasi TTIC di Daerah untuk Stabilisasi Harga Pangan

Jumat, 21 Juni 2019 – 13:40 WIB Kementan Mereplikasi TTIC di Daerah untuk Stabilisasi Harga Pangan - JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Kiprah Toko Tani Indonesia Centre (TTIC) yang dikembangkan Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian (Kementan) dalam penyediaan stok bahan pangan strategis dan stabilisasi harga pangan telah banyak diapresiasi berbagai pihak.

Sejak tahun 2017, Badan Ketahanan Pangan telah menginisiasi berdirinya TTIC di setiap Provinsi. Saat ini hampir seluruh provinsi sudah terbangun TTIC, kecuali Kepri dan Kaltara dengan berbagai variasi kinerja di masing-masing provinsi. Tahun 2020, diharapkan semua provinsi sudah memiliki TTIC.

Dalam mengoptimalkan kinerja TTIC di masing-masing provinsi, seluruh Dinas yang menangani ketahanan pangan provinsi se-Indonesia, mengadakan kunjungan ke TTIC Pasar Minggu Jakarta, Kamis (20/6/2019).

"Kami sangat menghargai teman-teman dari Dinas provinsi yang akan mereplikasi TTIC di daerahnya. Dengan adanya TTIC di setiap daerah, kami harapkan stok pangan didaerah juga akan selalu terjaga dan harganya stabil. Ini sangat penting," ujar Kepala BKP Agung Hendriadi.

Kunjungan yang dilakukan oleh Dinas yang menangani ketahanan pangan provinsi ke TTIC Pasar Minggu Jakarta merupakan rangkaian dari pertemuan koordinasi kegiatan Pengembangan Usaha Pangan Masyarakat (PUPM) atau yang lebih dikenal dengan Toko Tani Indonesia (TTI).

Menurut Kepala Pusat Distribusi dan Cadangan Pangan Risfaheri, peran TTIC sebagai pengendali harga pangan dari hari ke hari semakin dirasakan oleh masyarakat. "Keberadaan TTIC ini sangat strategis dan menjadi landasan bagi daerah untuk melakukan replikasi kegiatan di masing-masing provinsi," ujar Risfaheri.

Kepala Bidang Distribusi Pangan, BKP, Inti Pertiwi saat menerima rombongan Dinas Ketahanan Pangan menjelaskan, bahwa TTIC memiliki peran yang sentral dalam stabilisasi pasokan dan harga pangan.

TTIC Pasar Minggu Jakarta yang dibangun sejak tahun 2016 ini, tidak hanya sebagai distribution center yang melayani pasokan ke masing-masing TTI, tetapi juga sebagai information center dan business inteligent dalam hal basis data dan menjawab tantangan di era digital dengan menggunakan e-commerce,” ujar Inti dalam penjelasannya.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...