Tubuh Mengeluarkan Bunyi? Ini Dia Penyebabnya....

Tubuh Mengeluarkan Bunyi? Ini Dia Penyebabnya....
Tubuh Mengeluarkan Bunyi? Ini Dia Penyebabnya....

jpnn.com - SAAT anda membungkuk atau tangan anda mencoba menggapai sesuatu di atas lemari, terkadang tubuh akan membuat suara-suara tertentu. Misalnya saja suara retakan, ceklikan, hingga telinga berdenging dan ada suara di dalam kepala anda.

Beberapa bunyi dari dalam tubuh itu ada yang terdengar mengerikan, ada juga yang memalukan. Tapi yang jelas banyak yang tidak berbahaya.

Berikut 10 jenis bunyi-bunyian yang sering dihasilkan tubuh dan penyebabnya

1. Bunyi letupan di bahu

"Bunyi letupan pada bahu yang sering terjadi biasanya disebabkan oleh peradangan pada bursa (sejenis kantung kecil yang berisi cairan, berfungsi sebagai bantalan antara tulang, tendon, sendi dan otot) yang terletak di antara ujung tulang belikat dan tendon rotator," kata seorang dokter bedah ortopedi dari Charleston, SC, David Geier, MD, seperti dilansir laman Women's Day, Jumat (11/10).

Gerakan seperti melempar atau menggapai sesuatu di atas lemari dapur yang dilakukan secara berulang-ulang memang dapat menyebabkan peradangan. Bahkan, sering kali bunyi-bunyian yang muncul ini tidak diketahui sebabnya.

Namun jika disertai nyeri, terutama apabila rasa sakit itu berasal dari sendi bahu anda yang terdalam, bisa jadi anda telah merobek labrum (tulang rawan di sepanjang sendi) dan untuk menanganinya, anda harus segera menemui dokter spesialis ortopedi.

2. Suara seperti memukul-mukul di kepala menjelang tidur

SAAT anda membungkuk atau tangan anda mencoba menggapai sesuatu di atas lemari, terkadang tubuh akan membuat suara-suara tertentu. Misalnya saja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News