Tuding Kelompok Kurdi, Turki Tangkap 46 Orang Terkait Bom Istanbul

Tuding Kelompok Kurdi, Turki Tangkap 46 Orang Terkait Bom Istanbul
Warga Istanbul meletakkan bunga tanda duka untuk korban serangan bom di Istiklal Avenue. Foto: Yasin AKGUL / AFP

jpnn.com, ISTANBUL - Polisi Istanbul mengatakan pada hari Senin bahwa mereka telah menahan 46 orang sehubungan dengan serangan bom di jantung kota terbesar Turki itu.

Seorang wanita Suriah Ahlam Albashir yang diduga telah menanam bom tersebut termasuk salah satu yang dibekuk.

Dalam interogasi awal, wanita itu mengatakan dia dilatih oleh militan Kurdi di Suriah dan memasuki Turki melalui wilayah Afrin barat laut Suriah, kata polisi.

Pemerintah Turki menyalahkan gerilyawan Kurdi atas ledakan yang menewaskan enam orang di jalan perbelanjaan utama Istanbul.

Lembaga penyiaran negara TRT merilis rekaman polisi mengawal seorang wanit dari sebuah apartemen setelah penggerebekan semalam.

Menteri Dalam Negeri Suleyman Soylu mengatakan Partai Pekerja Kurdistan (PKK) dan milisi YPG Kurdi Suriah bertanggung jawab atas serangan di Istiklal Avenue yang bersejarah dan ramai pada hari Minggu.

Soylu mengatakan perintah itu diberikan di Kobani dan pengebom melewati Afrin - kedua kota di Suriah utara tempat pasukan Turki melakukan operasi melawan YPG dalam beberapa tahun terakhir.

Wanita, dengan rambut keriting dan jumper ungu dengan tulisan 'New York' di atasnya, terlihat dibawa ke markas polisi dalam rekaman TRT.

Turki menuding Partai Pekerja Kurdistan (PKK) dan milisi YPG Kurdi Suriah bertanggung jawab atas serangan bom di Istiklal Avenue, Istanbul

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News