Tugu Peringatan COVID-19, Senjata Terbaru Anies Baswedan dalam Memerangi Virus Corona

Tugu Peringatan COVID-19, Senjata Terbaru Anies Baswedan dalam Memerangi Virus Corona
Gubernur Anies Baswedan meninjau Tugu Peringatan COVID-19 di sisi barat Danau Sunter, Kelurahan Sunter Jaya, Kecamatan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Selasa (1/9/2020). Foto: Humas DKI Jakarta

jpnn.com, JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan punya senjata baru dalam upayanya memerangi virus corona. Senjata anyar itu adalah sejumlah tugu yang tersebar di berbagai penjuru ibu kota.

Saat peresmian Tugu Peringatan COVID-19 di Danau Sunter, Jakarta Utara, Anies mengatakan bahwa benda tersebut diharapkan bisa mendorong masyarakat untuk tertib tiga M yakni Memakai masker, Mencuci tangan dengan sabun dan Menjaga jarak.

"Saya ingin menyampaikan apresiasi kepada warga RW 14 Sunter Jaya Kecamatan Tanjung Priok yang turut berkolaborasi menghadirkan sebuah Tugu Peringatan, untuk mengingatkan semua tentang risiko COVID-19. Dengan adanya Tugu Peringatan ini, semua kegiatan masyarakat diharapkan waspada dan menaati prinsip 3M ," kata Anies di Jakarta, Selasa (1/8).

Menurut Anies, tugu tersebut merupakan pengingat bahwa, meski COVID-19 di DKI Jakarta relatif terkendali, tetapi penyebarannya belum menurun secara signifikan.

Tugu peringatan tersebut berbentuk sebuah peti mati dilengkapi dengan papan informasi berisi kalimat peringatan, imbauan dan data akumulasi kasus COVID-19 di wilayah DKI Jakarta selama tiga hari terakhir. Adapula manekin tenaga kesehatan turut dipajang di sisi barat Danau Sunter.

Tugu ini juga memaparkan rencana Pemprov DKI Jakarta yang akan memperketat penyebaran COVID-19 dalam skala yang lebih kecil. Artinya, perkantoran, pemukiman, dan komunitas yang di sana ditemukan kasus-kasus positif COVID-19 akan ada langkah-langkah pengetatan ekstra.

"Selain itu, ke depan kita akan memastikan semua yang terpapar positif harus melakukan isolasi bukan saja di rumahnya tetapi isolasi yang disiapkan pemerintah. Sehingga, kita bisa memastikan mata rantai itu putus. Kita sedang menyusun regulasinya," ujarnya.

Sementara itu, Walikota Administrasi Jakarta Utara, Sigit Wijatmoko, menjelaskan bahwa warga turut serta membangun Tugu Peringatan ini didasari oleh mulai berkegiatannya warga termasuk di daerah Danau Sunter.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menggunakan tugu peringatan COVID-19 sebagai senjata baru dalam upayanya memerangi virus corona

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News