Tujuh ABK Keracunan Gas Freon Freezer Saat Membersihkan Ruang Palka

Tujuh ABK Keracunan Gas Freon Freezer Saat Membersihkan Ruang Palka
Tujuh ABK KM Arta Mina Tama 11 keracunan gas freon freezer dalam palka nomor dua di tengah laut Kepulauan Aru dievakuasi anggota Polairud ke RSUD Cendrawasih Dobo, Kabupaten Kepulauan Aru, (14/11). Foto: ANTARA/daniel leonard

jpnn.com, AMBON - Tujuh ABK Kapal Motor Arta Mina Tama 11 terkapar akibat keracunan gas freon freezer di ruang palka saat berlayar di Perairan Aru, Kabupaten Kepulauan Aru, Maluku.

"Mereka keracunan gas freon freezer saat membersihkan ruang palka nomor dua," kata Dir Polairud Polda Maluku, Kombes Pol Harun Rosyid di Ambon, Sabtu.

Menurut dia, kejadian ini berawal dari korban Isai Arwadi Daleru diperintahkan nakhoda membersihkan palka nomor dua, namun yang bersangkutan tidak menggunakan masker.

Beberapa saat kemudian ABK lainnya atas nama Susanto melihat Isai Arwadi sudah terbaring dan tidak sadarkan diri di lantai palka sehingga saksi berteriak minta tolong.

Mendengar teriakan tersebut, nakhoda memerintahkan ABK lainnya untuk membantu mengevakuasi korban pertama ke luar dari dalam palka, dan ada tujuh ABK yang berupaya menolong rekan mereka.

"Setelah korban pertama dievakuasi ke luar dari dalam palka, enam orang ABK tersebut menjadi lemas dan malahan satu orang atas nama Fery Irawan dalam kondisi kritis," jelas Dir Polairud.

Upaya yang dilakukan saat ini adalah melaksanakan koordinasi dengan instansi terkait di antaranya Satpolair Polres Kepuluan Aru, Syahbandar Dobo, BPBD Kabupaten Kepulauan Aru, Pelabuhan Pantai Dobo, dan RSUD Kepulauan Aru.

Mereka juga memanggil personil KP. XVI – 1006 untuk bersama–sama melaksanakan kegiatan evakuasi, serta mempersiapkan alat apung (KP. XVI – 2004) beserta bekal awal kapal.

Tujuh ABK Kapal Motor Arta Mina Tama 11 terkapar akibat keracunan gas freon freezer di ruang palka saat berlayar di Perairan Aru, Kabupaten Kepulauan Aru, Maluku.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News