Tujuh Kebiasaan Ibu Hamil ini Bikin Bayi Cerdas

Tujuh Kebiasaan Ibu Hamil ini Bikin Bayi Cerdas
Perempuan mengandung. Foto: thebreastcancer

jpnn.com - Setiap orang tua pasti ingin memiliki bayi cerdas dan sehat. Salah satu faktor yang turut berperan dalam perkembangan otak janin adalah kebiasaan Anda saat hamil.

Berikut ini 8 kebiasaan ibu hamil yang bisa membantu meningkatkan kecerdasan bayi, seperti dilansir dari klikdokter.

1. Selalu akif.

Tetap fit dan aktif adalah hal yang sangat penting selama masa kehamilan. Bila sudah terlalu lama duduk atau tidur, Anda harus segera bangkit dan lawan rasa malas. Membuat badan tetap bergerak bisa melatih tubuh untuk mengeluarkan hormon yang baik bagi perkembangan otak bayi.

Selama hamil, Anda bisa melakukan latihan fisik ringan atau jalan cepat. Terbukti, ibu hamil yang aktif memiliki anak yang lebih pintar.

2. Memberikan perhatian kepada janin Anda.

Bayi yang tumbuh di dalam rahim bisa mendengar bahkan merespons suara. Bayi memang belum mengerti makna kata-kata Anda. Akan tetapi, kata-kata dan nyanyian Anda bisa membantu perkembangan otak bayi. Anda juga bisa meminta pasangan untuk berbicara dengan janin yang ada di kandungan.

Selain itu, mendengarkan musik atau sajak-sajak yang menenangkan bisa membantu bayi tetap rileks dan meningkatkan daya konsentrasi. Mengelus perut dengan lembut juga merupakan stimulasi yang baik untuk bayi.

Salah satu faktor yang turut berperan dalam perkembangan otak janin adalah kebiasaan Anda saat hamil.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News