Tulis Surat Terbuka untuk Putin, GM Catur Rusia Terancam Disanksi FIDE

Tulis Surat Terbuka untuk Putin, GM Catur Rusia Terancam Disanksi FIDE
GM catur Rusia Sergey Karjakin terancam disanksi FIDE karena sikapnya soal invasi Rusia ke Ukraina. Foto: TOBIAS SCHWARZ / AFP

jpnn.com, MOSKOW - Atlet Rusia dari berbagai cabang terkena imbas invasi militer negara tersebut ke Ukraina. Mereka yang menentang kebanjiran pujian dari berbagai penjuru dunia, sedangkan yang mendukung terancam dapat sanksi dari organisasi induk cabang olahraganya.

Grandmaster Rusia Sergey Karjakin adalah bagian dari kelompok kedua. Dia terancam sanksi indisipliner dari Federasi Catur Internasional (FIDE) setelah mengekspresikan dukungannya bagi Presiden Vladimir Putin dan prajurit Rusia.

Jago catur kelahiran Krimea itu mengungkapkan dukungannya dalam sebuah surat terbuka yang dibagikan di media sosial, Minggu (27/2).

“Saya memohon kepada Anda pada saat yang sulit ini, ketika negara kami, yang dipimpin oleh Anda, berjuang untuk keselamatan penduduk Rusia yang damai di Donbass dan Republik Rakyat Lugansk,” tulis pria berusia 32 tahun itu, seperti dilansir RT.

“Ini perjuangan untuk demiliterisasi dan denazifikasi Ukraina dari rezim yang berkuasa, yang telah membahayakan keamanan seluruh Eropa dan negara kita, demi tujuan dan ambisi politiknya."

“Saya mengikuti dengan cermat operasi khusus yang sedang berlangsung, di tanah tempat saya menghabiskan masa kecil saya, tempat saya belajar bermain catur, dan tempat kerabat saya masih tinggal."

"Selama delapan tahun yang panjang kami telah menunggu dengan harapan untuk keselamatan dari penembakan yang tak terhitung jumlahnya dan hilangnya nyawa manusia, genosida yang sedang berlangsung oleh rezim Kiev yang masih bertindak."

“Saya menyatakan kepada Anda, panglima tertinggi kami, dukungan penuh dalam melindungi kepentingan Rusia, rakyat Rusia yang multinasional, menghilangkan ancaman dan membangun perdamaian! Saya berharap Anda segera menyelesaikan semua tugas yang diberikan kepada pasukan kami yang gagah berani. ”

Atlet Rusia dari berbagai cabang terkena imbas invasi militer negara tersebut ke Ukraina. Mereka yang menentang kebanjiran pujian dari berbagai penjuru dunia, sedangkan yang mendukung terancam sanksi

Sumber RT

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News