Tumbuhkan Kecintaan Hutan Sejak Dini

Tumbuhkan Kecintaan Hutan Sejak Dini
Tumbuhkan Kecintaan Hutan Sejak Dini
JAKARTA - Degradasi lahan kian mengancam. Perubahan fungsi hutan menjadi masalah serius yang harus ditangani.

Direktorat Jenderal Bina Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (DAS) dan Perhutanan Sosial, Kementerian Kehutanan (Kemenhut) mengingatkan degradasi lahan bisa akan menjadi bencana jika tak segera ditanggulangi.

Pesan inilah yang diusung dalam pembekalan dan sosialisasi pentingnya menjaga lahan bagi generasi muda yang digelar di Jakarta, Senin (3/6). Direktur Perencaan dan Evaluasi Pengelolaan DAS Kemenhut yang juga ketua panitia, Eka W Soegiri mengatakan, kegiatan  ini bertujuan sebagai sosialisasi kepada generasi muda terutama anak-anak mengenai pengertian degradasi lahan, bahaya dan pencegahannya.

"Anak-anak kita ajak berkreasi dengan pengetahuan dan bakat yang dimiliki khususnya dalam bidang seni untuk lebih mengenal lingkungan terutama daerah aliran sungai. Hal ini penting karena kebanyakan masyarakat masih menganggap daerah aliran sungai hanya di kanan dan kiri sungai," papar dia dalam keterangan persnya, di Jakarta, Senin (3/6/2013).

Eka menjelaskan, daerah aliran sungai ialah semua daratan yang membentang dari hulu hingga hilir yang berfungsi menyerap air hujan, menyimpan dan mengalirkan ke sungai.

JAKARTA - Degradasi lahan kian mengancam. Perubahan fungsi hutan menjadi masalah serius yang harus ditangani. Direktorat Jenderal Bina Pengelolaan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News