JPNN.com

Tumbuhkan Minat Baca Anak, Tanoto Foundation Donasikan Buku

Kamis, 25 Mei 2017 – 22:30 WIB Tumbuhkan Minat Baca Anak, Tanoto Foundation Donasikan Buku - JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Head Of Communication Tanoto Foundation Lestari Boediono mengatakan, minat baca di kalangan orang muda terus menurun.

Mereka kini lebih tertarik melakukan hal-hal yang dinilai menyenangkan, meski hanya bersifat sesaat. Padahal, membaca sangat dibutuhkan untuk membuka cakrawala berpikir secara luas.

Karena itu pihaknya merasa perlu ikut berikhtiar menumbuhkan budaya literasi di kalangan anak-anak?.

Antara lain dengan menghadirkan program Pelita Pustaka, demi menarik minat anak tertarik datang ke perpustakaan. Program ini diharapkan dapat mendorong pemanfaatan perpustakaan sebagai tempat yang nyaman bagi murid mendapatkan berbagai informasi pendidikan.

"Kami menyasar sekolah-sekolah di pedesaan. Memanfaatkan ruang yang tidak digunakan di sekolah untuk perpustakaan kecil atau pojok baca," ujar Lestari di Jakarta, Kamis (25/5).

Selain membangun dan merenovasi perpustakaan, Tanoto Foundation juga menyumbang berbagai bahan bacaan. Kemudian para guru yang ada juga ikut dilatih menjadi pustakawan yang mampu mengelola perpustakaan kecil. Tujuannya, agar pemeliharaan dan aksesibilitas bahan bacaan bisa terjamin.

"Untuk memastikan murid memiliki akses terhadap buku, kami menerapkan sistem koleksi bergulir di antara sekolah-sekolah yang terletak di kelompok lokasi (area) yang sama," ucap Lestari.

Menurut Lestari, Dalam satu area setidaknya ada enam sekolah. Masing-masing dengan donasi awal 120 buku. Tanoto Foundation juga melatih guru dan pustakawan untuk memfasilitasi rotasi buku setiap 2-3 bulan. Sehingga murid terus memiliki akses terhadap koleksi buku baru tanpa membuang yang lama.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...