Tumor Payudara Maria Berhasil Diangkat, Berat 10 Kilogram

Tumor Payudara Maria Berhasil Diangkat, Berat 10 Kilogram
Tim dokter RST Dr Soepraoen Malang saat mengoperasi pasien tumor phyllodes kemarin pagi (20/7). Foto: BAYU EKA NOVANTA/RADAR MALANG/JPNN.com

jpnn.com, MALANG - Barangkali, inilah operasi pengangkatan tumor payudara dengan bobot paling besar yang pernah dilakukan rumah sakit di Malang Raya.

Bahkan, tumor yang diangkat itu tergolong langka karena hanya terjadi pada 1 di antara 250 kasus tumor maupun kanker payudara.

Itulah yang terjadi di kamar operasi Rumah Sakit Tentara (RST) Dr Soepraoen Malang kemarin pagi (20/7).

Operasi itu dilakukan oleh tim yang beranggotakan enam tenaga medis pada pukul 09.15– 10.15 atau selama 1 jam. Termasuk dokter spesialis bedah dan spesialis anestesi.

Tumor payudara itu sudah hampir tiga tahun ini menjangkiti payudara bagian kanan Maria Kristiningsih, 40, warga Kecamatan Dampit, Kabupaten Malang. Jenisnya tergolong langka: Tumor phyllodes.

Tumor itu membuat ukuran payudara bagian kanan milik Maria empat kali lebih besar dari payudara bagian kirinya.

Bahkan, saat dibawa ke RST Soepraoen, payudara kanan pasien itu mulai pecah dan mengeluarkan cairan berwarna kuning bercampur darah. Mengeluarkan seluruh cairan itu menjadi prioritas pertama tim dokter dalam operasi kemarin.

Setelah itu, barulah tim dokter berusaha mengangkat tumor itu dengan gunting dan laser. Tapi, karena ukurannya yang besar, tim dokter memutuskan untuk mengangkat seluruh bagian payudara kanan pasien tersebut.

Barangkali, inilah operasi pengangkatan tumor payudara dengan bobot paling besar yang pernah dilakukan rumah sakit di Malang Raya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News