Tunda Kehamilan di Atas 35 Tahun Berisiko

Tunda Kehamilan di Atas 35 Tahun Berisiko
Ilustrasi. FOTO: getty images

jpnn.com - ALASAN pekerjaan terkadang menjadi salah satu alasan pasangan suami istri menunda memiliki momongan. Namun seiring bertambahnya usia, kehamilan bisa memberi risiko yang lebih besar pada perempuan. Apalagi jika usia perempuan yang mengandung lebih dari 35 tahun.

Banyak wanita yang menunda kehamilannya hingga sekitar usia 30 tahun bahkan lebih karena alasan pekerjaan dan lain sebagainya. Namun perlu dipahami bahwa kesuburan menurun tajam setelah usia 35 tahun, selain itu ibu yang lebih tua akan menghadapi lebih banyak risiko selama kehamilan.

Para ahli di Newcastle University mengatakan bahwa wanita seharusnya tidak perlu menggunakan karir mereka sebagai alasan untuk menunda kehamilan. 

Ibu yang lebih tua lebih mungkin untuk keguguran, serta memiliki komplikasi kehamilan dan melahirkan bayi yang berat badannya kurang atau prematur. Selain itu risiko lainnya adalah berisiko besar memiliki bayi dengan down sindrom dan kelainan genetik lainnya.

"Jika wanita tidak sadar atas risiko dari menunda kehamilan, kemungkinan mereka akan menyesal dengan keputusannya. Jika anda melihat kebelakang dan menyesalinya, maka hal itu akan menghantui anda," kata seorang dokter di Newcastle Fertility Centre, Dr Jane Stewart, seperti dilansir laman Daily Mail, Senin (27/1). (fny/jpnn)

ALASAN pekerjaan terkadang menjadi salah satu alasan pasangan suami istri menunda memiliki momongan. Namun seiring bertambahnya usia, kehamilan bisa


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News