JPNN.com

Tundukkan Argentina, Spanyol Juara Piala Dunia FIBA 2019

Minggu, 15 September 2019 – 21:29 WIB Tundukkan Argentina, Spanyol Juara Piala Dunia FIBA 2019 - JPNN.com
Bintang Spanyol Ricky Rubio (9), terpilih sebagai MVP Piala Dunia FIBA 2019. Foto: fiba.basketball

jpnn.com, BEIJING - Penantian Spanyol selama 13 tahun untuk menjadi juara Piala Dunia bola basket berakhir sudah. Spanyol memenangi Piala Dunia FIBA 2019 usai mengalahkan Argentina 95-75 dalam laga final di Wukesong Arena, Beijing, Minggu (15/9) malam WIB.

Spanyol yang dimotori Ricky Rubio, Marc Gasol dan Rudy Fernandez itu tancap gas sejak awal. Mereka tak memberi kesempatan Argentina berkembang di tiga kuarter awal. Kuarter pertama Spanyol unggul 23-14, 20-17 di kuarter kedua dan 23-16 di kuarter ketiga.

Di pengujung kuarter ketiga, Argentina mati-matian mengejar angka Spanyol. Pada kuarter terakhir, Argentina bermain full court press yakni menekan dan berusaha merebut bola sejak di daerah pertahanan Spanyol.

Strategi tersebut sempat membuat Spanyol minim poin. Namun, Argentina sudah terlalu jauh tertinggal, sembilan sampai sepuluh bola.

Spanyol akhirnya kampiun di Piala Dunia FIBA edisi ke-18 ini. Statistik FIBA mencatat, Rubio menyumbang angka paling banyak buat Spanyol dengan 20 points, disusul Sergio Llull dengan 15 dan Gasol 14.

Rubio juga terpilih sebagai most valuable player atau MVP Piala Dunia kali ini.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...