Turbin Angin Bakal jadi Sorotan pada Forum IREIS 2023

Turbin Angin Bakal jadi Sorotan pada Forum IREIS 2023
PT Shan Hai Map mendorong energi terbarukan menjadi solusi polusi udara. Foto: dok Shan Hai Map

jpnn.com, JAKARTA - Turbin angin telah menjadi bagian penting dari pembangkit listrik tenaga angin selama bertahun-tahun. Hal itu bakal menjadi sorotan dalam Indonesia Renewable Energy Investment Summit (IREIS) 2023.

Ketua Pelaksana IREIS 2023 Lina mengatakan turbin angin lebih efisien dalam mengubah energi angin menjadi listrik dan dapat menghasilkan lebih banyak listrik dari angin yang sama.

Turbin angin yang lebih baru lebih kuat dan dapat menghasilkan lebih banyak listrik.

"Ini berarti bahwa mereka dapat digunakan untuk memenuhi permintaan listrik yang lebih besar dan lebih ramah lingkungan. Turbin angin menggunakan bahan yang lebih ringan dan kuat, yang mengurangi dampak mereka terhadap lingkungan," papar Lina dalam keterangan tertulisnya pada Senin (11/9).

Lina mencontohkan peningkatan teknologi pada turbin angin seperti yang dipergunakan di Desa Joho, Kecamatan Pace, Kabupaten Nganjuk Jawa Timur.

Turbin angin di sana memasok kebutuhan air bersih telah membuat mereka menjadi pilihan yang lebih menarik untuk pembangkit listrik tenaga angin. Turbin angin yang terbaru lebih efisien, lebih kuat dan lebih ramah lingkungan yang berarti mereka dapat menghasilkan lebih banyak listrik dengan dampak yang lebih kecil terhadap lingkungan.

Pengembangan turbin angin yang lebih canggih diharapkan lebih efisien dan kuat akan tersedia di masa depan. Ini akan membantu untuk meningkatkan peran energi angin dalam pembangkit listrik dan mengurangi ketergantungan kita pada bahan bakar fosil.

Menurutnya, ada beberapa contoh dari turbin angin high-tech yang baru-baru ini dikembangkan seperti turbin angin Haliade-X 14 MW dari GE Renewable Energy adalah turbin angin laut terbesar di dunia.

Ketua Pelaksana IREIS 2023 Lina mengatakan turbin angin lebih efisien dalam mengubah energi angin menjadi listrik dan dapat menghasilkan lebih banyak listrik

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News