Turki Krisis, Erdogan Malah Sibuk Mengurusi Syria

Turki Krisis, Erdogan Malah Sibuk Mengurusi Syria
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan. Foto: AFP

jpnn.com - Turki belum keluar dari krisis ekonomi akibat jebloknya nilai tukar lira. Meski begitu, Presiden Recep Tayyip Erdogan malah sibuk menebar janji manis soal Syria.

Erdogan bersumpah untuk membawa perdamaian dan keamanan di negara Timur Tengah itu. Dia juga mengatakan, organisasi-organisasi teroris di daerah-daerah itu akan dihilangkan.

Turki yang mendukung beberapa kelompok pemberontak di Syria telah bekerjasama dengan Rusia. Moskow sendiri mendukung rezim Presiden Bashar Al Assad, dan Iran untuk resolusi politik terhadap krisis.

Sejauh ini telah dilakukan dua operasi lintas batas sepanjang perbatasannya dengan Syria, dan mendirikan belasan pos pengamatan militer di wilayah utara di Idlib, Syria.

Idlib yang dikuasai pemberontak merupakan tempat perlindungan bagi warga sipil dan pemberontak yang mengungsi dari daerah lain di Syria. Idlib juga merupakan tempat pasukan jihadis yang kuat, tetapi telah dilanda gelombang serangan udara dan penembakan beberapa bulan terakhir.

“Insyaallah, kami akan membangun kedamaian yang sama di bagian lain Syria juga. Insya Allah, kami akan membawa perdamaian yang sama ke Irak, di mana organisasi teroris ada di sana," katanya dilansir dari Reuters, Senin, (27/8).

Erdogan juga menghubungkan konflik-konflik regional dan krisis mata uang yang sedang berlangsung di Turki. Dia menggambarkannya sebagai perang ekonomi

“Mereka yang mencari alasan sementara di balik masalah yang kita hadapi akhir-akhir ini adalah salah, sangat salah. Serangan yang kita hadapi hari ini, berakar dari sejarah,” ujar Erdogan.

Lira Turki telah jatuh hampir 40 persen tahun ini, karena kekhawatiran investor atas cengkeraman Erdogan pada kebijakan moneter. Juga karena perselisihan yang dalam dengan Amerika Serikat yang memberikan tekanan pada mata uang. (iml/JPC)


Turki belum keluar dari krisis ekonomi akibat jebloknya nilai tukar lira. Namun, Presiden Recep Tayyip Erdogan malah sibuk menebar janji soal Syria


Redaktur & Reporter : Adil

Sumber Jawapos.com

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News