Selasa, 23 Oktober 2018 – 04:21 WIB

Turki Tuding Saudi Bunuh Jamal Khashoggi

Selasa, 09 Oktober 2018 – 07:45 WIB
Turki Tuding Saudi Bunuh Jamal Khashoggi - JPNN.COM

jpnn.com, ISTANBUL - Sudah hampir sepekan nasib Jamal Khashoggi belum diketahui. Jurnalis berkewarganegaraan Arab Saudi yang menetap di Amerika Serikat (AS) sejak 2017 itu raib sejak Selasa (2/10).

Jejak terakhirnya tertinggal di kantor Konsulat Saudi di Istanbul, Turki. Kemarin, Senin (8/10) Ankara pun mengambil tindakan.

Reuters melaporkan, pemerintahan Presiden Recep Tayyip Erdogan telah melayangkan surat kepada Saudi. Dalam surat itu, Turki minta izin resmi kepada Saudi untuk mencari Khashoggi di gedung konsulat.

Sebelumnya, Kementerian Luar Negeri Turki juga sudah dua kali memanggil pejabat Saudi di Turki terkait dengan kasus tersebut.

"Kami ingin bekerja sama penuh dalam penyelidikan." Demikian bunyi surat resmi Turki kepada Saudi.

Ankara juga berharap ada lembaga internasional yang turun tangan. Dengan demikian, investigasi raibnya Khashoggi bisa berlangsung lebih netral.

Gagasan Turki itu disambut baik Direktur Penelitian Timur Tengah pada Amnesty International Lynn Maalauf. "Jika benar ada pembunuhan seperti yang dituduhkan, pelakunya harus diadili," katanya.

Belakangan, beredar kabar bahwa Khashoggi dibunuh di gedung konsulat tersebut. Kepada Washington Post, seorang detektif yang sempat mengecek konsulat di pusat Kota Istanbul itu menyebut pria 60 tahun tersebut tewas akibat pembunuhan berencana.

Sumber : Jawa Pos
SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar