UEFA Nations League: Menanti Resep Roberto Mancini di Italia

UEFA Nations League: Menanti Resep Roberto Mancini di Italia
Roberto Mancini. Foto: sky sports

jpnn.com, BOLOGNA - Juru taktik Italia Roberto Mancini membawa resep 'percaya pemain muda' di ajang UEFA Nations League.

Sabtu (8/9) dini hari nanti, Italia akan menjamu Polandia di Stadion Renato Dall'Ara, Bologna, dalam matchday 1 Grup 3 League A. Pertemuan Italia versus Polandia ini juga juga menjadi debut pelatih Polandia Jerzy Brzeczek yang menggantikan Adam Nawalka pasca Piala Dunia 2018 lalu.

Seperti diberitakan ESPN kemarin (6/9) membesarnya kepercayaan Mancini kepada para pemain muda Italia bukan tanpa alasan. Hasil apik timnas Italia U-17 dan U-19 di level regional membuat pelatih 53 tahun itu menyukai gagasan pembaruan tim.

Pada Piala Dunia U-20 tahun lalu di Korsel, Azzurri muda berhasil menapak ke semifinal. Lantas pada Euro U-17 Mei lalu, Italia masuk ke final namun kalah dalam adu penalti lawan Belanda 1-4 setelah di waktu normal terjadi skor imbang 2-2. Sedangkan pada Euro U-19 di Finlandia Juli lalu, Italia finis sebagai runner-up. Di final Italia kalah 3-4 oleh Portugal di extra time.

Nah, bintang Italia di Finlandia lalu Nicola Zaniolo mendapat berkah atas penampilan apiknya. Pemain 19 tahun itu masuk dalam 30 nama yang dibawa Mancini di UEFA Nations League ini.

“Saya kira Zaniolo memiliki kualitas yang mumpuni. Dia bisa sukses di kejuaraan sekelas Euro U-19 dan pemain bagus seperti dia memang layak bermain,” kata Mancini kepada Football Italia.

Gelandang yang musim ini membela AS Roma itu kerap disebut-sebut sebagai 'Steven Gerrard baru'. Musim lalu saat masih membela Inter Milan Primavera, Zaniolo menjadi bagian Inter jadi kampiun pada musim perdana Campipnato Primavera 1. Zaniolo mencetak 13 gol dan delapan assist buat Inter Primavera.

Selain Zaniolo, pemain-pemain di bawah usia 23 tahun yang disebut-sebut menjadi kekuatan Italia di masa mendatang adalah Federico Chiesa (winger/20 tahun), Lorenzo Pellegrini (gelandang/22 tahun), Nicolo Barella (gelandang/21 tahun). Selain nama-nama itu jangan lupakan juga Gianluigi Donnarumma (kiper/19 tahun).

Italia akan menjamu Polandia di Grup 3 League A UEFA Nations League, Sabtu (8/9) dini hari nanti.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News