UGM dan ITB Juara Kontes Robot di AS

UGM dan ITB Juara Kontes Robot di AS
UGM dan ITB Juara Kontes Robot di AS
JAKARTA — Tim Robot Universitas Gajah Mada (UGM) dan Institut Teknologi Bandung (ITB) berhasil memperoleh gelar juara dalam kontes robot internasional “2011 Trinity College Fire Fighting Home Robot Contest, Hartford Conenticut di Amerika Serikat.

Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) M Nuh mengungkapkan, tim robot yang dibiayai oleh Kementerian Pendidikan Nasional (Kemdiknas) ini berhasil meraih juara pertama dan kedua untuk jenis robot beroda dari UGM, dan robot berkaki dari ITB.

Akan tetapi, lanjut Nuh, Ada juga robot dari Indonesia yang turut serta dalam kompetisi ini dengan biaya sendiri. Yaitu, Universitas KOmputer Indonesia (UNIKKOM) yang mengirimkan 3 robot, dan berhasil menduduki juara pertama dan kedua untuk kategori RoboWaiter Entry Level dan jura pertama untuk kategori RoboWaiter Advanced. “Jadi ada 7 robot yang berasal dari Indonesia dan seluruhnya berprestasi mendapatkan gelar juara,” ungkap Nuh di sela cara pennyambutan Tim Robot Indonesia di Gedung Kemdiknas, Jakarta, Rabu (13/4).

Dijelaskan, kontes robot ini merupakan ajang kompetisi robot pemadam api yang diselenggarakan secara tahunan sejak tahun 1994. Kompetisi ini, terang Nuh, diikuti oleh mulai dari siswa sekolah menengah pertama (SMP), sekolah menengah atas (SMA), mahasiswa hingga praktisi. “Pada ajang 2011 ini, 135 robot turut berkomptisi,” sebut Nuh.

JAKARTA — Tim Robot Universitas Gajah Mada (UGM) dan Institut Teknologi Bandung (ITB) berhasil memperoleh gelar juara dalam kontes robot internasional

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News