UGM Dinobatkan Jadi PT Terbaik di Indonesia versi Webometrics

UGM Dinobatkan Jadi PT Terbaik di Indonesia versi Webometrics
UGM Dinobatkan Jadi PT Terbaik di Indonesia versi Webometrics

jpnn.com - YOGYAKARTA - Universitas Gadjah Mada kembali mendapatkan apresiasi dari masyarakat. Kali ini, sebuah lembaga pemeringkat perguruan tinggi (PT), Webometrics menobatkan kampus yang berdiri pada 19 December 1949 itu  sebagai PT terbaik se-Indonesia.

Bahkan, Kampus Biru -julukan lain UGM- berada di urutan kesembilan di antara 100 PT terbaik se-Asia Tenggara. Sedangkan Universitas Indonesia di peringkat 13 dan ITB peringkat 15. Selanjutnya ada Universitas Brawijaya peringkat 16, dan IPB peringkat 27.

UGM juga masuk dalam daftar 1.000 universitas terbaik dunia. Di dunia, universitas yang kini dipimpin Dwikorita Karnawati itu menempati peringkat 518 dunia. Sedangkan UI di urutan ke-660, ITB ke-704, dan Unibraw ke-738.

“Tiga tahun terakhir, UGM selalu berada pada posisi pertama di Indonesia. Prestasi ini sangat membanggakan bagi seluruh civitas dan alumni UGM,” kata Kepala Pusat Sistem dan Sumber Daya Informasi (PSDI) UGM Widyawan seperti dikutip Radar Jogja.

Widyawan menambahkan, untuk skala internasional sebenarnya peringkat UGM dalam Webometrics mengalami fluktuasi. Hal ini terjadi karena perkembangan posisi peringkat 23 ribu perguruan tinggi lain yang disurvei oleh Webometrics.

Ia mencontohkan, pada Juli 2014 lalu, Webometrics menempatkan UGM di peringkat 414 dunia. “Peringkat rangking dunia UGM memang belum stabil, UGM pernah di posisi 400-an, 500-an dan 600-an. Ada naik turun. Ini menjadi pekerjaan rumah buat kita,” terang Widyawan.

Menurutnya, kriteria pemeringkatan PT oleh Webometrics adalah volume maupun isi web, visibilitas, dan dampak dari publikasi web bagi para pengguna di masyarakat. Hanya, peringkat perguruan versi Webometrics ini mendorong PT di seluruh dunia berlomba-lomba menye-diakan konten yang semakin baik dan berkulitas. “UGM selalu mendorong kualitas akademik dan keterbukaan digital,” jelasnya.(mar/jko/ong/jpnn)


YOGYAKARTA - Universitas Gadjah Mada kembali mendapatkan apresiasi dari masyarakat. Kali ini, sebuah lembaga pemeringkat perguruan tinggi (PT), Webometrics


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News