UGM Kalahkan UI sebagai PT Terbaik, Ini Sebabnya

UGM Kalahkan UI sebagai PT Terbaik, Ini Sebabnya
Kampus Universitas Gadjah Mada (UGM) di Bulaksumur, Yogyakarta. Foto: dokumen Jawa Pos Radar Jogja

jpnn.com, SERPONG - Universitas Gadjah Mada (UGM) dinobatkan sebagai perguruan tinggi non-politeknik terbaik di Indonesia. Posisinya jauh di atas Universitas Indonesia (UI) yang berada di peringkat empat.

Padahal untuk level dunia, UI berada di peringkat 277. Sedangkan Institut Teknologi Bandung (ITB) peringkat 331 dan UGM 402.

"Kenapa UGM kok bisa peringkat satu di Indonesia, sedangkan untuk kelas dunia posisi 402. Ini karena indikator penilaiannya berbeda," kata Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir kepada pers, Kamis (17/8).

Dia mengungkapkan, indikator penilaian tahun ini mengalami perubahan sehingga ada perbedaan dibanding pemeringkatan dunia. Sebab, ada indikator tambahan yakni pengabdian masyarakat.

Dirjen Kelembagaan Iptek dan Dikti Kemristek Dikti Patdono Suwignjo menambahkan, peringkat UGM melonjak begitu indikator pengabdian masyarakat dimasukkan. "Dari sini kelihatan bila UGM baik mahasiswa maupun dosennya senang melakukan kegiatan pengabdian masyarakat," ujarnya.

UGM Kalahkan UI sebagai PT Terbaik, Ini Sebabnya

Dirjen Kelembagaan Iptek dan Dikti Kemristek Dikti Patdono Suwignjo (berjas hitam di tengah) dalam jumpa pers tentang klasterisasi perguruan tinggi Indonesia. Foto: Mesya Mohammad/JPNN.Com

Dia menjelaskan, indikator kualitas kelembagaan mengalami perubahan. Tahun sebelumnya, indikator penilaiannya hanya pada akreditasi institusi dan program studi (prodi).

Universitas Gadjah Mada (UGM) dinobatkan sebagai perguruan tinggi non-politeknik terbaik di Indonesia. Posisinya jauh di atas Universitas Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News