UI Jalin Kolaborasi Riset Bersama UC Berkeley dan University of California Davis

UI Jalin Kolaborasi Riset Bersama UC Berkeley dan University of California Davis
Rombongan UI dipimpin Wakil Rektor bidang Sumber Daya Manusia dan Aset UI Dedi Priadi saat mengunjungi University of California Berkeley (UCB). Foto: Dokumentasi UI

jpnn.com, JAKARTA - Universitas Indonesia (UI) memperkuat posisinya sebagai universitas terbaik di Indonesia dengan intensifikasi dan penguatan kerja sama internasional.

Dalam perjalanan intensif sejak 27 November hingga 2 Desember, rombongan UI dipimpin Wakil Rektor bidang Sumber Daya Manusia dan Aset UI Dedi Priadi, mengunjungi University of California Berkeley (UCB) dan University of California Davis (UCD) untuk memperluas cakupan kerja sama penelitian dan pendidikan dengan kedua universitas terkemuka itu.

Dedi didampingi oleh Dekan Fakultas Teknik (FT) UI Heri Hermansyah S.T., M.Eng., IPU., dan Dr. Munawar Khalil, Direktur Riset dan Pengembangan UI.

Dia mengatakan program kerja sama 'Scholars Engagement Program for Natural Resources-Based Research and Innovation' di FTUI, yang didanai sepenuhnya oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS), sudah berhasil berjalan selama satu tahun terakhir dengan UCB.

“Kami berencana untuk memperluas kerja sama ini ke depan dengan memperluas lingkup kerja sama. Selain itu, UI dan UC Davis tengah mengeksplorasi kemungkinan kerja sama dengan skema serupa,” ujar Dedi dalam keterangannya, Selasa (5/12).

Salah satu agenda utama kunjungan adalah benchmarking kegiatan science techno park (STP).

Sejalan dengan hal itu, delegasi UI berkunjung ke Berkeley SkyDeck, sebuah lembaga akselerator dan inkubator teknologi di UCB, serta SCET UCB, pusat akademik di School of Engineering UCB yang menjadi tempat insinyur dan ilmuwan berkumpul untuk berinovasi, memproduksi, dan mengkomersialisasikan produk teknologi mereka.

Menurut Dedi, FTUI dan UCD mendiskusikan potensi kolaborasi program double degree untuk mahasiswa sarjana dan magister, pengiriman visiting professor dari UCD ke UI, serta joint supervision untuk mahasiswa program Doktor.

UI memperkuat posisinya sebagai universitas terbaik di Indonesia dengan intensifikasi dan penguatan kerja sama internasional.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News