Ujang Komarudin: Kelihatannya Gibran akan Menjadi Cawapresnya Prabowo

Ujang Komarudin: Kelihatannya Gibran akan Menjadi Cawapresnya Prabowo
Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka. ANTARA/Aris Wasita

jpnn.com - JAKARTA - Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR) Ujang Komarudin menilai Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka kemungkinan besar akan digandeng Calon Presiden Prabowo Subianto untuk menjadi calon wakil presiden. 

“Karena kalau di Ganjar Pranowo, kelihatannya Megawati (Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri) tidak mau cawapresnya Gibran. Megawati sangat kuat argumennya, dan sangat kuat bahwa beliau tidak bisa disetir oleh pihak lain,” kata Ujang saat dihubungi dari Jakarta, Selasa (17/10).

Pengamat politik dari Universitas Al Azhar Jakarta itu mengatakan bahwa Mahkamah Konstitusi (MK) telah memberikan karpet merah atau jalan bagi Gibran maju dalam Pilpres 2024, dengan mengabulkan sebagian permohonan uji materi tentang batas usia capres dan cawapres menjadi berusia 40 tahun atau pernah berpengalaman sebagai kepala daerah.

“Gibran bisa menjadi cawapres oleh Mahkamah Konstitusi, jadinya dilegalkan Gibran menjadi cawapres. Ya kelihatannya Gibran akan menjadi cawapresnya Prabowo, kelihatannya ke situ, arahnya ke sana,” ucap Ujang.

Sementara, terkait bakal cawapres yang akan mendampingi Ganjar Pranowo, Ujang menyebut bahwa Megawati selaku ketum PDIP yang akan mencarikan pasangan yang sepadan dengan lawan politiknya.

“Dinamika politik saat ini begitu cepat pascaputusan MK, bagi Ganjar tentu akan mencari cawapres yang sepadan dengan lawan politik, yaitu Anies-Cak Imin dan Prabowo-Gibran. Entah nanti Ganjar bersama dengan Yenny Wahid atau dengan Mahfud MD, kita lihat saja siapa yang akan dipilih oleh Megawati,” ujarnya.

Sebelumnya, Megawati Soekarnoputri mengatakan akan segera mencarikan pendamping terbaik bagi Ganjar Pranowo dalam menghadapi Pilpres 2024.

"Masa ibu salah pilih, ini bukan untuk kepentingan partai, kepentingan pribadi, tetapi untuk bangsa dan negara ini," kata Megawati dalam Rapat Ke-153 DPP PDI Perjuangan secara hibrid yang dipantau dari Jakarta, Senin (16/10).

Ujang Komarudin menilai Gibran Rakabuming Raka akan menjadi cawapres pendamping Prabowo.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News