Uji Akademis Polri Gunakan CAT BKN

Uji Akademis Polri Gunakan CAT BKN
Uji Akademis Polri Gunakan CAT BKN

jpnn.com - JAKARTA- Kepolisian RI untuk kali pertama melaksanakan uji akademis seleksi calon peserta diklat PIM Dua berbasis computer assisted test (CAT) Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Menurut Kepala Pusat Pengembangan Sistim Rekrutmen Aparatur Sipil Negara (ASN) Aris Windiyanto, seleksi ini diikuti 145 polisi. Mereka harus menjawab 100 pertanyaan dalam waktu 90 menit.

"Jenis soal yang diujikan tes pengetahuan umum 60 soal, tes karakteristik pribadi 40 soal. Tes pengetahuan umum berkaitan dengan rencana pembangunan jangka menengah nasional, good governance, dan reformasi birokrasi," terang Aris, Kamis (7/5).

Sementara, tes karakteristik pribadi berkaitan dengan integritas, orientasi pada pelayanan, semangat berprestasi dan kemampuan mengendalikan diri. Aris menambahkan, nilai maksimal yang bisa diraih peserta pada tes berbasis CAT ini adalah 500 poin.

Setiap jawaban yang benar untuk pengetahuan umum mendapat nilai lima. Sementara, jawaban salah nilainya nol. Adapun penilaian untuk tes karakteristik pribadi menggunakan skala likert. Yaitu, tiap jawaban peserta mendapatkan nilai satu sampai lima sesuai akurasi dan relevansi jawaban pertanyaan.

"Dari semua peserta ini, Polri akan memilih 50 polisi berdasarkan ranking tertinggi untuk mengikuti tahapan berikutnya pada seleksi calon peserta diklat PIM Dua," taegas Aris. (esy/jpnn)

 


JAKARTA- Kepolisian RI untuk kali pertama melaksanakan uji akademis seleksi calon peserta diklat PIM Dua berbasis computer assisted test (CAT) Badan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News