Uji Coba Dimulai, Sudah Siap Pakai Kompor Listrik?

Uji Coba Dimulai, Sudah Siap Pakai Kompor Listrik?
Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mulai melakukan uji coba konversi LPG 3 kilogram ke kompor listrik. Foto dok PLN

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mulai melakukan uji coba konversi LPG 3 kilogram ke kompor listrik.

Direktur Jenderal Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi Kementerian ESDM Dadan Kusdiana mengatakan pemerintah akan membagikan kompor secara gratis pada proses uji coba dan proses implementasi.

"Iya gratis karena masih uji coba. Nanti pas implementasinya pasti gratis. Dulu seperti LPG dengan kompornya. Kira-kira juga akan mirip seperti itu," ujar Dadan, Selasa (20/9).

Sebelumnya, Menteri ESDM Arifin Tasrif menjelaskan uji coba akan dilakukan pada sejumlah daerah di Indonesia, yakni Bali dan Solo

"Sedang dilakukan piloting di beberapa daerah antara lain Bali dan Solo. Nanti kami review setelah piloting jalan," kata Arifin.

Selain itu, kebijakan yang akan diambil pemerintah terkait pengalihan ke kompor listrik ini akan menunggu keputusan dari Presiden Jokowi berdasarkan uji coba yang dilakukan.

Menurut Arifin, pemerintah terus berupaya meminimalkan beban subsidi LPG.

"LPG sekarang kalau impor sudah sampai 8 juta ton. Subsidi ada Rp 119 triliun, masa kita mau begitu terus," ungkapnya.

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mulai melakukan uji coba konversi LPG 3 kilogram ke kompor listrik.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News