Uji Coba MLFF Tetap Dilanjutkan: PUPR Pastikan Tetap Bekerja Sesuai Rencana

Uji Coba MLFF Tetap Dilanjutkan: PUPR Pastikan Tetap Bekerja Sesuai Rencana
Direktur PT Roatex Indonesia, Gyula Orosz menyatakan bahwa penerapan uji coba transisi sistem transaksi tol nontunai nirsentuh atau Multi Lane Free Flow (MLFF). Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, BALI - Uji coba penerapan Multi Lane Free Flow (MLFF) akan tetap akan dilanjutkan meski ada penyesuaian jadwal uji coba yang seharusnya dilaksanakan di Bali pada 1 Juni 2023.

MLFF merupakan teknologi terkini di dunia yang memproses pembayaran secara otomatis bagi kendaraan yang melintas di jalan tol.

Melalui teknologi ini pengguna jalan tol bisa masuk dan keluar tanpa harus berhenti untuk membayar.

“Penundaan jadwal  uji coba merupakan hal yang biasa dalam suatu proyek besar,” ujar Direktur PT Roatex Indonesia Toll System (RITS), Gyula Orosz.

Gyula menjelaskan proyek masih berjalan, dengan kerja sama dengan BPJT dan pemangku kepentingan terkait lainnya.

"Mungkin ada beberapa penundaan jadwal, tapi ini ‘wajar’ untuk proyek besar seperti ini. Kami rasa semuanya masih berjalan secara baik. Adanya keterlambatan untuk sebuah proyek besar seperti ini tentunya menjadi tantangan buat kami. Tapi, kami tetap komitmen dan memiliki visi yang sama dengan pihak Indonesia," tutur Gyula.

"Visi kami tetap sama untuk menyampaikan teknologi yang terbukti, teknologi mutakhir yang akan melayani masyarakat Indonesia, dan akan memiliki dampak positif yang signifikan pada transportasi, keamanan lalu lintas, lingkungan, dan ekonomi," imbuhnya.

Gyula juga menegaskan, teknologi dari Hungaria yang digunakan untuk implementasi MLFF ini telah diadaptasi untuk lingkungan Indonesia dengan tetap mempertimbangkan kondisi setempat.

Melalui teknologi MLFF ini pengguna jalan tol bisa masuk dan keluar tanpa harus berhenti untuk membayar.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News