Ukraina Bukan Bagian G20, Zelenskyy Mengaku Diundang Jokowi ke KTT Bali

Ukraina Bukan Bagian G20, Zelenskyy Mengaku Diundang Jokowi ke KTT Bali
Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy menghadiri wawancara dengan media asing di Kiev, Ukraina, Kamis (3/3/2022). ANTARA FOTO/Ukrainian Presidential Press Service/Handout via REUTERS/aww/cfo

jpnn.com, KIEV - Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy menyampaikan apresiasi kepada Presiden RI Joko Widodo yang telah mengundangnya untuk turut hadir dalam konferensi tingkat tinggi (KTT) G20 di Bali pada November.

Pernyataan apresiasi itu disampaikan Zelenskyy melalui cuitan di akun Twitternya setelah melakukan pembicaraan melalui telepon dengan Jokowi.

"Telah melakukan pembicaraan dengan Presiden Jokowi... Saya mengapresiasi karena telah mengundang saya ke KTT G20," kata Zelenskyy dalam cuitan di akun resmi Twitter-nya pada Rabu.

Presiden Zelenskyy juga menyampaikan rasa terima kasih atas dukungan Indonesia untuk kedaulatan dan integritas wilayah Ukraina, khususnya dengan dukungan jelas yang dinyatakan Indonesia melalui Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Dalam pembicaraan melalui telepon itu, Zelenskyy dan Jokowi juga membahas tentang isu ketahanan pangan di Ukraina yang sedang dilanda perang.

G20 telah mengutuk invasi Rusia di Ukraina yang kini telah memasuki pekan kesembilan. Invasi itu telah meningkatkan ketegangan geopolitik, mengancam ekonomi global, dan memicu krisis kemanusiaan.

Sejumlah anggota G20 telah menyerukan agar Rusia dan Presiden Vladimir Putin dikeluarkan dari KTT di Bali pada November, tetapi Indonesia menolak dan mengatakan terlalu dini untuk memutuskan hal itu.

Sebelumnya, pemerintah Indonesia melalui Kementerian Luar Negeri telah menyatakan bahwa Indonesia akan menggelar KTT G20 secara netral dan tidak memihak atau imparsial.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy mengumumkan bahwa dirinya telah diundang Presiden Jokowi ke KTT G20 di Bali

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News