Ukuran Tubuh dan Hormon Bisa Pengaruhi Metabolisme

Ukuran Tubuh dan Hormon Bisa Pengaruhi Metabolisme
Ukuran Tubuh dan Hormon Bisa Pengaruhi Metabolisme

Metabolisme mengacu pada jutaan proses kimia yang menjaga tubuh Anda tetap hidup dan berfungsi. Hal ini terkait dengan berat badan karena mempengaruhi jumlah energi yang dibutuhkan tubuh Anda pada suatu titik tertentu.

Asupan energi yang lebih banyak dari yang dibutuhkan, maka kelebihannya akan disimpan sebagai lemak.

Meski demikian, banyak orang cepat menyalahkan "metabolisme yang lambat" karena berat badan mereka naik, padahal sebenarnya, mereka butuh untuk memilih makanan dan olahraga yang lebih baik.

Komponen terbesar dari metabolisme –yang membentuk 50-80% persen dari energi yang digunakan setiap hari - adalah tingkat metabolisme basal (BMR) anda, ata energi yang dibakar tubuh Anda untuk mempertahankan fungsi.

(Pengaruh lainnya termasuk seberapa banyak aktivitas fisik yang Anda lakukan, dan 'efek termal' dari makanan yang Anda makan - yaitu energi yang Anda gunakan untuk mencerna dan menyerap makanan)

Ukuran Tubuh dan Hormon Bisa Pengaruhi Metabolisme
Obat-obatan, hormon, diet dan olahraga bisa mempengaruhi metabolisme anda. (Foto: iStockPhoto/wragg)

Meskipun ada banyak pil, suplemen dan makanan yang mengklaim bisa meningkatkan metabolisme dan membakar lemak, sebagian besar klaim ini belum terbukti, kata Tim Crowe, profesor gizi di Universitas Deakin.

Bahkan jika mereka berhasil, mereka mungkin memiliki efek samping yang tidak diinginkan, seperti meningkatkan denyut jantung Anda.

Metabolisme mengacu pada jutaan proses kimia yang menjaga tubuh Anda tetap hidup dan berfungsi. Hal ini terkait dengan berat badan karena mempengaruhi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News