Ultah ke-75, DPR Telah Bertransformasi dari Tukang Stempel Menjadi Lembaga Perwakilan

Ultah ke-75, DPR Telah Bertransformasi dari Tukang Stempel Menjadi Lembaga Perwakilan
Peneliti Formappi, Lucius Karus. FOTO: Radar Bandung/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Peneliti Forum Masyarakat Peduli Parlemen Indonesia (Formappi) Lucius Karus mengatakan bahwa pada usia 75 tahun, DPR RI sudah melewati proses transformasi dalam peran dan fungsinya. Hal itu disampaikan Lucius tepat pada peringatan 75 tahun DPR RI, 29 Agustus.

"DPR sudah bertransformasi menjadi lembaga perwakilan dengan mendorong pemilu secara langsung agar legitimasi wakil rakyat terpilih makin kredibel," kata Lucius, melalui pernyataan tertulis, Sabtu (29/8).

Pada era Orde Baru, DPR RI kerap disebut 'tukang stempel' karena sistem otoritarian yang berlangsung.

"Rezim Orba berhasil membangun DPR sebagai aksesori demokrasi demi melegitimasi kekuasaan otoriter yang diemban Soeharto," ujarnya.

Pada hari ini, kata Lucius, DPR RI memperingati usia 75 tahun atau 3/4 abad usianya. Usia 75 tahun DPR RI harus memotivasi para anggotanya agar semakin meningkatkan tugas pengawasan, anggaran, dan legislasi yang semuanya harus berpihak pada rakyat.

"Yang bisa memberi makna pada DPR adalah orang-orang yang dipilih menjadi anggotanya, yang dalam hal ini merupakan orang-orang terpilih yang memenangi Pemilu sesuai aturan yang berlaku," ujar Lucius.

Dia menilai, figur menjadi agen yang menentukan perkembangan usia DPR dari waktu ke waktu. Dan tentu saja figur-figur yang menjadi anggota DPR merupakan produk dari sebuah proses politik melalui pemilu.

"Yang berperan dalam hal ini ada parpol, ada anggota DPR, ada pemerintah (eksekutif), ada aturan atau sistem yang berlaku," pungkasnya. (dil/jpnn)

Video Terpopuler Hari ini:

Pada hari ini, kata Lucius Karus dari Formappi, DPR RI memperingati usia 75 tahun alias 3/4 abad


Redaktur & Reporter : Adil

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News