Ulubelu 'Negeri Tiga Energi' Binaan Pertamina NRE, Manfaat Green Energy Benar-benar Nyata

Ulubelu 'Negeri Tiga Energi' Binaan Pertamina NRE, Manfaat Green Energy Benar-benar Nyata
PLTS yang dibangun Pertamina NRE untuk melistriki green house kebun melon hidroponik milik kelompok pemuda tani yang diketuai Edi di Ulubelu, Kabupaten Tanggamus, Lampung. Foto: Dokumentasi Humas Pertamina

jpnn.com, TANGGAMUS - Hari ini terasa berbeda bagi Edi (26), pemuda asal Ulubelu, Kabupaten Tanggamus, Lampung.

Hari ini adalah hari pertama penggunaan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di green house kebun melon hidroponik milik kelompok pemuda tani yang diketuainya.

Edi dan teman-temannya menjadi bagian dari proses transisi energi di Indonesia dengan memanfaatkan PLTS yang dibangun Pertamina New & Renewable Energy (Pertamina NRE) untuk melistriki perkebunan hidroponik buah yang dikelolanya.

Energi terbarukan telah mengubah cara Edi dan masyarakat memandang dunia dan desa tempat mereka tumbuh.

Terik sinar matahari yang menerpanya kala berjalan menuju greenhouse hidroponik miliknya tak lagi dikeluhkan.

Deretan pipa geothermal di sisi jalan kampungnya juga selalu menjadi pengingat bahwa inilah masa depan Indonesia.

Sinar matahari lah yang sekarang memasok listrik untuk perkebunan hidroponik kesayangannya, dan geothermal lah yang selama ini melistriki desanya.

Ya, Desa Muara Dua tempatnya tinggal dan mencari nafkah berlokasi di dekat Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Area Ulubelu yang dioperasikan PT Pertamina Geothermal Energy (PGE) Tbk, anak usaha Pertamina NRE.

Ulubelu 'Negeri Tiga Energi' Tanggamus Lampung binaan Pertamina NRE memanfaatkan air, tenaga surya dan geothermal untk memenuhi kebutuhan energi sehari-hari

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News