Umat Katolik Gelar Konfernas Tentang Revitalisasi Pancasila

Umat Katolik Gelar Konfernas Tentang Revitalisasi Pancasila
Konferensi Waligereja Indonesia. ILUSTRASI. Foto: Dok. KWI

jpnn.com, JAKARTA - Ide dasar penyelenggaraan Konferensi Nasional (Konfernas) Umat Katolik Indonesia mengenai Revitalisasi Pancasila adalah berangkat dari pemikiran bahwa negara kita banyak mengalami hambatan, tantangan, gangguan terhadap ideologi Pancasila. Pancasila sudah kita percayai bersama menjadi jalan hidup dan kesepatan untuk bersama-sama mencapai tujuan nasional.

Hal itu disampaikan Ketua Panitia Konferensi Nasional Umat Katolik, Muliawan Margadana di sela-sela persiapan Panitia Konfernas di Kampus Universitas Atma Jaya Jakarta, Sabtu (5/8).

Menurut Muliawan, umat Katolik sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari bangsa Indonesia juga turut berkontribusi di dalam membangun dan mengisi kemerdekaan. Termasuk menyiapkan serta juga menjadi bagian dalam perjuangan kemerdekaan.

“Umat Katolik Indonesia merasa terpanggil untuk memberikan kontribusi terhadap pemantapan ideologi (Pancasila) ini bagi bangsa kita kedepan khususnya bagi generasi muda dan sistem pemerintahan maupun sistem politik, sistem berbangsa, bernegara dan bermasyarakat,” tegas Muliawan.

Lebih lanjut, Muliawan menjelaskan Konfernas Umat Katolik yang digelar di Kampus Universitas Atma Jaya Jakarta, Sabtu 12 Agustus 2017 akan menghadirkan narasumber dari tokoh-tokoh pemikir, pelaksana regulator khususnya umat Katolik untuk memberikan sumbangsih pemikirannya.

Muliawan juga menyebutkan Muliawan, empat Univeristas Katolik yakni Univeritas Katolik Atma Jaya Jakarta, Universitas Atma Jaya Yogyakarta, Universitas Soegyapranoto Semarang dan Universitas ParahyanganBandung, akan menyampaikan naskah-naskah akademik tentang penghayatan dan pengamalan Pancasila. “Jadi tidak hanya dalam bentuk teori tetapi juga hal-hal yang bisa dijalankan semestinya,” ujarnya.

Ia menambahkan peserta Konfernas akan dihadiri sekitar 300 peserta dari seluruh Indonesia yakni tokoh-tokoh pemikir dari ujung timur Papua sampai Aceh. Selain itu, tiga menteri juga akan hadir yakni Menteri Pertahanan Jenderal TNI (Purn) Ryamizard Ryacudu, Menteri ESDM Ignasius Jonan selaku tokoh Katolik dan Menkominfo Rudiantara.

Acara nantinya akan dibuka oleh Sekretaris Jenderal Konferensi Waligereja Indonesia (KWI), Mgr Antonius Subianto Bunyamin OSC dan akan ditutup oleh Ketua Komisi Kerawam KWI, Mgr. Vincentius Sensi Potokota, Pr.

Ide dasar penyelenggaraan Konferensi Nasional (Konfernas) Umat Katolik Indonesia mengenai Revitalisasi Pancasila adalah berangkat dari pemikiran

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News