Umbi Garut Diyakini Bisa Mengatasi Sakit Maag, Ini Penjelasannya

Umbi Garut Diyakini Bisa Mengatasi Sakit Maag, Ini Penjelasannya
Ilustrasi sakit perut karena maag.

jpnn.com - Garut (Maranta arundinacea) secara umum disebut Arrowroot adalah tumbuhan yang mempunyai akar rimpang (umbi) berbentuk seperti busur tanah yang diyakini bisa untuk mengobati sakit maag.

Sekilas fisiknya tampak berujung lancip dan memiliki garis-garis horisontal. Tanaman ini memang kurang populer di Indonesia dibanding dengan singkong, ubi dan jenis umbi-umbian yang lain.

Dilihat dari namanya, Garut sepintas seolah berasal dari Garut, sebuah nama Kabupaten di Jawa Barat. Namun, faktanya tanaman ini justru ditemukan di Amerika Selatan dan Filipina.

Pati dari Umbi Garut ternyata memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh. Pati Umbi Garut memiliki indeks glikemik yang lebih rendah dari beras sehingga aman bagi penderita diabetes.

Sejumlah riset juga menyebut pemanfaatan pati umbi garut sangat bagus untuk kesehatan lambung.

Umbi Garut Diyakini Bisa Mengatasi Sakit Maag, Ini Penjelasannya

Salah satu produsen obat herbal tradisional asal Kemranjen, Banyumas, Fauzi Rakhmat menyebut bahwa Pati umbi garut bisa melapisi lambung sehingga terlindungi dari penyebab sakit  terutama makanan.

"Pati Umbi Garut mengandung serat pangan tinggi yang berfungsi meredakan nyeri lambung dan menetralkan asam lambung berlebih. Konsumsi umbi garut secara rutin bisa melapisi lambung dan mempercepat penyembuhan luka di lambung yang menjadi pemicu sakit maag," ungkap Fauzi pemilik brand obat herbal ternama Maagirut saat ditemui di Banyumas, Jateng.

Sejumlah riset juga menyebut pemanfaatan pati umbi garut sangat bagus untuk kesehatan lambung dan mengobati sakit maag.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News