UMKM di Provinsi Papua Bisa Makin Maju Dengan Memanfaatkan Fasilitas Teknologi Digital

UMKM di Provinsi Papua Bisa Makin Maju Dengan Memanfaatkan Fasilitas Teknologi Digital
Ilustrasi UMKM: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, PAPUA - Salah satu potensi UMKM dan produk unggulan di Indonesia adalah Provinsi Papua, menurut data Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA).

Direktur Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Maritim Kemkominfo, Septriana Tangkary menilai UMKM di Provinsi Papua bisa semakin maju dengan memanfaatkan berbagai fasilitas teknologi digital, yang telah dibangun pemerintah.

“Selain sumber daya alam yang melimpah, Papua juga kaya akan budaya dengan produk unggulan lokal yang khas," ujar Septriana.

Kementerian Dalam Negeri, dalam hal ini, turut mendukung Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia melalui komitmen pemerintah untuk menggunakan produk lokal, yang tercantum dalam Perpres No. 12 Tahun 2021, tentang Perubahan atas Peraturan Presiden Nomor 16 Tahun 2018, tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah.

Direktur Sinkronisasi Urusan Pemerintah Daerah 3, Kementerian Dalam Negeri, R Budiono Subambang menuturkan Kemendagri dan LKPP telah mengeluarkan Surat Edaran Menteri Dalam Negeri dan Kepala LKPP, yang mendorong pemerintah daerah mewajibkan penggunaan produk dalam negeri, hingga mengalokasikan paling sedikit 40 persen dari anggaran barang dan jasa untuk membeli produk koperasi dan UMKM.

“Pasar tersebut bisa ditembus dengan melakukan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia. Dengan adanya BBI ini telah mendorong aksi afirmasi positif untuk belanja produk dalam negeri,” tegas Budiono.

Asisten Deputi Pengembangan Ekonomi Kreatif, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Sartin Hia berharap Kemkominfo selaku campaign manager turut membantu dalam jaringan komunikasi, sekaligus mempublikasikan semangat bangga buatan Indonesia di berbagai kanal informasi.

“Harpannya dengan adanya dukungan dari Kominfo, Gerakan BBI di Papua, dapat menjangkau sampai ke pelosok Papua,” serunya.

Pasar global bisa ditembus dengan melakukan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News