UMKM Menjamur dan Sukses Ekspor di Era Jokowi

UMKM Menjamur dan Sukses Ekspor di Era Jokowi
Presiden Joko Widodo dalam peluncuran insentif pajak penghasilan (PPh) bagi pelaku UMKM di Gedung Jatim Expo, Surabaya, Jumat (22/6). Foto: Aryo Mahendro/JawaPos.com

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) terus berupaya meningkatkan hasil dan kualitas para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Bahkan tak hanya untuk dalam negeri saja, melainkan di kancah dunia. Partai NasDem menyebutkan, perkembangan UMKM selama 4 tahun pemerintahan Jokowi ini sangat bagus sekali.

Di domestik maupun luar negeri sangat bagus dan meningkat. Hal itu karena kebijakan pemerintah yang pro terhadap kepentingan UMKM.

"Untuk kepentingan ekspor UMKM, pemerintahan Jokowi sangat responsif. Hal itu terlihat dari kedubes RI di luar negeri sangat welcome dan mengayomi sehingga UMKM meningkat, “ politikus NasDem Shanti Ramchand di Jakarta, Sabtu (16/3).

Para dubes pun, lanjutnya, juga benar-benar diminta Presiden membantu UMKM. Kedutaan di luar negeri sangat terbuka mengajak UMKM ke luar negeri.

"Di launching pada saat acara kedubes. Dengan begitu, produk UMKM akan dikenal di berbagai negara. Saya praktik langsung. Saya membawa 7 pedagang Indonesia ke New Delhi, India. Mereka pedagang UMKM ada yang minyak kelapa, kacang, tekstil, sendal. Mereka ke sana kita lakukan B to B. Langsung menawarkan produknya kepada pengusaha di India. Hasilnya bagus. Banyak yang tertarik," kata caleg NasDem dari Dapil DKI Jakarta II itu.

Untuk di dalam negeri, pada prinsipnya semua bagus untuk UMKM. Regulasi, dan perhatian pemerintah sangat tinggi untuk mengembangkan dan meningkatkan UMKM.

Namun, yang perlu ditingkatkan adalah marketingnya. Pemerintah harus memberikan edukasi kepada pelaku UMKM agar melek teknologi. Di era digital sekarang ini, perlu juga pelaku UMKM diberikan pengetahun soal bisnis online.

Besarnya perhatian pemerintah Jokowi terhadap UMKM dipuji mantan menteri perdagangan Rachmat Gobel dan mantan menteri perdagangan era Presiden SBY Muhammad Luthfi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News