Umumkan Gandeng Gibran, Prabowo: Aklamasi Bulat

Umumkan Gandeng Gibran, Prabowo: Aklamasi Bulat
Bakal capres dari Koalisi Indonesia Maju Prabowo Subianto. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Teka-teki siapa calon wakil presiden pendamping Prabowo Subianto di Pilpres 2024 akhirnya terjawab Minggu (22/10) malam.

Calon Presiden dari Koalisi Indonesia Maju Prabowo Subianto secara resmi mengumumkan dan mendeklarasikan Gibran Rakabuming Raka yang juga putra Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai cawapres pendampingnya di Pilpres 2024.

"Kita (KIM) telah berembuk secara final, secara konsensus selurunya sepakat mengusung Prabowo Subianto sebagai capres Koalisi Indonesia Maju untuk 2024-2029 dan Saudara Gibran Rakabuming Raka sebagai calon wakil presiden dari Koalisi Indonesia Maju," kata Prabowo didampingi para ketua umum parpol yang tergabung dalam KIM di kediaman pribadinya di Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan, Minggu (22/10).

Pengumuman itu disampaikan Prabowo sesuai parpol yang tergabung dalam KIM berembuk dan memutuskan nama Gibran yang juga wali kota Surakarta, itu menjadi bakal cawapres. 

Sebanyak delapan parpol itu, yakni Partai Golkar, PAN, Partai Demokrat, Partai Gerindra, Partai Gelora, PBB, Partai Garda Republik Indonesia dan Partai Prima.

"Dihadiri lengkap oleh ketua umum masing-asing dan sekretaris jenderal masing-masing," ungkapnya.

Prabowo-Gibran akan mendaftar sebagai peserta Pilpres 2024 di KPU pada Rabu 25 Oktober 2023 atau hari terakhir pendaftaran.

"Saya kira itu pengumuman yang sudah ditunggu-tunggu, ini sekaligus adalah deklarasi yang kita sampaikan ke masyarakat umum dan pada tanggal 25 hari Rabu kita akan daftar di KPU," ungkap Prabowo.

Prabowo mengumumkan Gibran Rakabuming Raka, putra Presiden Jokowi, menjadi cawapres pendampingnya di Pilpres 2024.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News