Uni Eropa Izinkan Serangan Darat ke Somalia

Uni Eropa Izinkan Serangan Darat ke Somalia
Uni Eropa Izinkan Serangan Darat ke Somalia
BRUSSELS - Uni Eropa  (UE) menyetujui perpanjangan misi untuk memberantas bajak laut di perairan Somalia. Yang terbaru dari perpanjangan mandat tersebut adalah diizinkannya serangan darat ke markas para bajak laut di daratan Somalia.

Perpanjangan ini merupakan lanjutan misi UE yang telah melakukan patroli laut untuk mengamankan jalur perdagangan dunia yang kerap diganggu oleh para perompak itu. Di mana, UE telah menempatkan sekitar 10 unit kapal perang untuk mengawal lalu lintas perdagangan dunia di sekitar teluk Aden sejak 2008 lalu.  

Kapal-kapal tersebut kini diizinkan menembak  perlengkapan  yang diduga  milik para perompak di pesisir. "Rencana Uni Eropa  ini, memungkinkan serangan terhadap instalasi darat  ketika kapal diserang (dibajak) di lautan,’’ ujar Menteri Luar Negeri Spanyol Jose Manuel Garcia-Margallo kepada wartawan seperti dikutip BBC.

UE sendiri  menganggap selain memerangi para perompak perpanjangan misi sekaligus melindungi  kapal bantuan logistik World Food Programme yang membawa bantuan makanan dan obat-obatan bagi para pengungsi di Somalia.

BRUSSELS - Uni Eropa  (UE) menyetujui perpanjangan misi untuk memberantas bajak laut di perairan Somalia. Yang terbaru dari perpanjangan mandat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News