Rabu, 26 September 2018 – 04:20 WIB

Unik nih, Sapi Kurban Didandani Sebelum Disembelih

Jumat, 24 Agustus 2018 – 06:21 WIB
Unik nih, Sapi Kurban Didandani Sebelum Disembelih - JPNN.COM

jpnn.com - Sebelum dipotong, sapi terlebih dahulu dimandikan, dibedaki dan disisir, baru disembelih. Warga sekitar Masjid Nurul Huda Purusbaru, Kota Padang, Sumbar, menyebutnya Balimau Jawi. Seperti apa?

Intan Suryani – Kota Padang

Rintik hujan tak menyurutkan niat warga menyaksikan proses penyembelihan hewan kurban di halaman masjid yang berlokasi di Jalan Durian No. 20 A Purusbaru, Kecamatan Padang Barat.

Di depan masjid terlihat lima ekor sapi yang terikat tali. Masing-masing sapi didampingi oleh satu orang perwakilan peserta kurban yang terdiri dari tujuh orang peserta untuk satu ekornya.

Ada hal yang unik ketika itu, sapi tersebut sebelum dipotong, dibersihkan, dimandikan dan didandani seperti disisir dan dibedaki. Warga menyebutnya Balimau Jawi. Tentu saja itu menjadi pemandangan unik bagi warga.

Tepat setelah selesai Shalat Idul Adha, kegiatan Balimau Jawi dimulai. Yang bertugas menghiasi sapi kurban adalah peserta kurban. Setelah dilimau, dicerminkan dan didandani baru di potong.

“Ini sudah tradisi kami dari jamaah Satariah. Sudah turun temurun juga. Tujuan dari kegiatan ini, mengikuti syariat Nabi Ibrahim AS,” tutur Bainullah Tuanku Elok, 59, selaku Imam Masjid Nurul Huda Kepada Padang Ekspres (Jawa Pos Group, Rabu (22/8).

Ia menceritakan, di zaman dahulu sebelum anaknya Nabi Ibrahim, yakni Ismail AS disembelih, sang ayah memandikan sang anak, meminyakinya agar wangi, dan membedakinya. “Setelah bersih baru disembelih. Jadi ketika itu Nabi Ismail AS sudah dalam kondisi suci,” ucapnya.

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar