Sabtu, 20 Juli 2019 – 10:02 WIB

United Kingdom Sediakan 70 Beasiswa S2

Senin, 27 Oktober 2014 – 22:33 WIB
United Kingdom Sediakan 70 Beasiswa S2 - JPNN.COM

JOGJA – Tahun ini, persatuan negara-negara Britania Raya (United Kingdom) membuka beasiswa S2 bagi 70 mahasiswa Indonesia. Negara yang tergabung United Kingdom dan menjadi tujuan pendidikan S2 itu adalah Inggris, Skotlandia, Wales, dan Irlandia Utara.

Namun demikian, beasiswa ini akan diberikan kepada sarjana lulusan S1 Indonesia yang telah mempunyai pengalaman minimal dua tahun kerja. ”Setiap tahun United Kingdom memberikan beasiswa kepada 150 negara di dunia, termasuk Indonesia,” ungkap Koordinator Alumni Chevening Scholarships, UK Government Scholarships untuk Indonesia, Rowena Rompas, saat berkunjung ke Universitas Muhamamdiyah Yogyakarta (UMY) baru-baru ini.

Dalam kunjungan itu Rowena juga mensosialisasikan beasiswa S2 yang disediakan oleh UK. Menurut Rowena, secara keseluruhan tahun ini beasiswa yang disediakan United Kingdom sebanyak 1.500 orang. Karena peminat asal Indonesia tinggi, maka tahun lalu jatah beasiswa untuk Indonesia ditambah.

Peningkatan jatah beasiswa ini harus bisa digunakan sebaik-baiknya oleh para sarjana di Indonesia. Khususnya bagi mereka yang mempunyai motivasi dan keinginan kuat untuk membangun bangsanya menjadi lebih maju dan dikenal oleh dunia.

”Beasiswa ini memang bukan ditujukan pada orang-orang yang punya motivasi lemah atau pesimistis untuk kemajuan bangsanya. Beasiswa ini diperuntukkan bagi mereka yang ingin menjadi pemimpin bangsa dan bisa memberikan kontribusi berharga pada negaranya,” tandas Rowena.

Ditambahkannya pula, beberapa alumni Chevening Scholarships, UK Government Scholarships telah sukses di dunia masing-masing. Bahkan di antara mereka menjadi orang berpengaruh dan berkontribusi besar bagi Indonesia. Antara lain, sutradara, penulis naskah sekaligus produser film Riri Riza, penulis buku 5 Menara Ahmad Fuadi, dan mantan Menteri Lingkungan Hidup Balthasar Kambuaya. ”Aluminya menjadi orang sukses di bidang masing-masing,” terang Rowena.

Syarat untuk mendapatkan beasiswa yaitu berpengalaman kerja minimal dua tahun dan memiliki motivasi kuat untuk membangun karir untuk 5 sampai 10 tahun ke depan. Kemudian pemohon adalah WNI, memegang ijazah S1, lulus S1 dengan IPK minimal 3, dan memiliki skor IELTS 6.5.

Selanjutnya untuk pengalaman kerja dibuktikan dengan menyertakan surat referensi dan mendapat keterangan dari dua pimpinan sebagai pemberi rekomendari dan referensi. ”Seleksinya akan dilakukan di Kedutaan Inggris di Jakarta. Pendaftaran dibuka sejak 1 Agustus 2014 hingga 15 November 2014,” jelasnya. (mar/laz/ong/jpnn)

SHARES
TAGS   Beasiswa
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar