JPNN.com

Universitas Australia Ciptakan Telinga Manusia Dengan Teknologi Printer 3D

Minggu, 03 Maret 2019 – 20:00 WIB Universitas Australia Ciptakan Telinga Manusia Dengan Teknologi Printer 3D - JPNN.com

Anak-anak dengan kelainan bentuk telinga akan segera bisa mendapatkan telinga cetakan yang dibuat dari sel induk mereka sendiri, menurut tim peneliti dari Universitas Wollongong di New South Wales (NSW) yang bekerja pada teknologi bioprinting 3D baru.

Mereka mengklaim pekerjaan ini sebagai "terobosan besar" dibidangnya.

Bio-printer, yang disebut 3D Alek, dikembangkan di University of Wollongong dan sekarang sedang diujicobakan di Rumah Sakit Pangeran Alfred di Sydney, New South Wales (NSW).

Tugas pertama bio printer 3D Alex adalah merancang dan membuat telinga manusia yang dicetak secara 3D untuk mereka yang memiliki kelainan bentuk, terutama anak-anak dengan cacat bawaan seperti mikrotia, dan jika tidak akan memerlukan pembedahan yang kompleks.

Profesor Gordon Wallace, Direktur Pusat Riset Ilmiah ARC dibidang Ilmu Elektromagnetik di Universitas Wollongong, mengatakan pengembangan tinta bio yang tepat, dikombinasikan dengan printer yang sesuai telah menghadirkan terobosan besar.

"Tuntutan bio-tinta sangat besar," kata Profesor Wallace.

"Mereka harus dapat memberikan kemampuan cetak, mereka harus mampu membangun struktur untuk mempertahankan integritas mekanik mereka.

"Tapi yang penting, bio tinta harus melindungi sel-sel hidup selama proses pencetakan dan memastikan sel-sel itu berada di lingkungan yang tepat setelah pencetakan untuk mengembangkan jenis jaringan dan sel yang kita inginkan."

Sumber ABC Indonesia

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...