Universitas Mercu Buana Jadi PTS Terbaik versi Webometric

Universitas Mercu Buana Jadi PTS Terbaik versi Webometric
Universitas Mercu Buana didapuk sebagai salah satu Perguruan Tinggi Swasta (PTS) terkemuka di Indonesia versi Webometric. Foto: dok UMB

jpnn.com, JAKARTA - Universitas Mercu Buana didapuk sebagai salah satu Perguruan Tinggi Swasta (PTS) terkemuka di Indonesia versi Webometric.

Webometric adalah sebuah lembaga untuk pemeringkatan perguruan tinggi berdasarkan kinerja website perguruan tinggi, yang merilis peringkat PTS terbaik di Indonesia pada Juli lalu.

Dalam laman resmi https://www.webometrics.info/en/asia/indonesia%20 Webometrics menempatkan Universitas Mercu Buana sebagai PTS Terbaik nomor dua di Jakarta. Secara nasional Universitas Mercu Buana berada di posisi ke lima.

“Upaya untuk meningkatkan reputasi di tingkat internasional terus memberikan wujud yang semakin tampak realistis. Hal ini terlihat dari rekognisi dan peningkatan pemeringkatan dari pihak yang bereputasi. Ini merupakan sebuah kegembiraan dan sekaligus tantangan untuk lebih baik lagi pada tahun-tahun berikutnya,” kata Rektor Universitas Mercu Buana, Prof. Dr. Andi Adriansya, M. Eng, Selasa (15/8/2023).

Rektor Universitas Mercu Buana, Prof. Dr. Andi menjelaskan dalam penyusunan peringkat, Webometrics menggunakan empat indikator dalam menilai kinerja perguruan tinggi, yaitu presence, visibility impact, openness, dan excellence.

Indikator pertama, adalah presence yang memiliki bobot lima persen dan menghitung setiap halaman web dari perguruan tinggi yang terdaftar oleh mesin pencari.

Indikator kedua adalah visibility impact memiliki bobot tertinggi, yaitu 50 persen, yang menilai kualitas konten dengan menghitung semua tautan eksternal yang diterima oleh webdomain perguruan tinggi dari pihak ketiga.

Indikator ketiga, yaitu keterbukaan atau openness memiliki bobot 10 persen, yang mengukur jumlah file dokumen seperti Adobe Acrobat (.pdf), Adobe PostScript (.ps, .eps), Microsoft Word (.doc, .docx), dan lain sebagainya yang dapat diakses secara online di bawah domain website perguruan tinggi dan tertangkap oleh mesin pencari.

Universitas Mercu Buana didapuk sebagai salah satu Perguruan Tinggi Swasta (PTS) terkemuka di Indonesia versi Webometric.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News