Universitas Trilogi dan Kemenaker Berkolaborasi

Optimalisasi Pemanfaatan Produk Pertanian

Universitas Trilogi dan Kemenaker Berkolaborasi
Konferensi internasional bahas optimalisasi produk pertanian hasil kolaborasi Universitas Trilogi dan Kemanaker. Foto: Mesya Mohammad/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Rektor Universitas Trilogi Dr Aam Bastaman mengungkapkan, pertanian merupakan sektor penting bagi pembangunan bangsa.

Di samping hasilnya bisa mendorong pertumbuhan ekonomi, pendayagunaan yang maksimal pada sektor ini juga terkait dengan kualitas bahkan hidup mati sumber daya manusianya. Selain itu, sistem manajemen logistik khususnya produk pertanian juga merupakan bagian dari sistem logistik nasional.

"Efektivitas dan efisiensi memang perlu ditingkatkan karena ini sangat berpengaruh pada harga produk pertanian yang juga menjadi mahal. Akibatnya harga produk-produk pertanian tersebut menjadi tidak kompetitif," beber Aam saat membuka Konferensi Internasional bertema Cold Chain & Logistic Management untuk produk pertanian di Indonesia, Rabu (4/4).

Konferensi ini merupakan hasil kolaborasi Universitas Trilogi bersama Kementerian Tenaga Kerja (Kemenaker) dan Asian Productivity Organization (APO). Ketiganya berkomitmen agar stakeholders terkait logistik dan cold chain lebih komitmen untuk melakukan perbaikan ke depan.

"Harga produk pertanian menjadi tidak kompetitif karena infrastrukturnya yang masih proses berkembang. Selain itu manajemen logistik dan komponennya belum tertata baik. Cold chain dan supply chain produk pertanian logistik memang sudah mulai ada perbaikan, meskipun masih perlu ada infrastruktur pendukung lainnya," bebernya.

Aam melanjutkan, jika dilihat dari besarnya gape antara kebutuhan dan daya tampung cold storage jelas menunjukkan Indonesia bisa menjadi pusat industri cold chain ini. Oleh karena itu butuh tindakan serius untuk menggarapnya agar harapan masyarakat untuk terciptanya proses from farm to table terpenuhi. Apakah dari sisi kesegaran produknya ataupun keamanan pangannya.

"Bila sistem management logistik pertanian ini diperbaiki, Indonesia akan swasembada untuk produk-produk pertanian. Ini juga harus ditopang dengan SDM. Jangan habis kuliah malah pilih kerja di kota tapi melupakan basis pertanian yang ada di desa," tuturnya.

Untuk menyiapkan SDM di sektor pertanian, Universitas Trilogi mempunyai Fakultas Bioindustri. Di fakultas ini mahasiswa secara langsung memelajari dan mengembangkan keilmuan berbasis pertanian. (esy/jpnn)

Universitas Trilogi dan Kementerian Tenaga Kerja berkolaborasi dalam rangka optimalisasi pemanfaatan produk pertanian.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News