Unmul Butuh 687 Dosen

Kampus Terbesar yang Didera Kekurangan Pendidik

Unmul Butuh 687 Dosen
Unmul Butuh 687 Dosen
Universitas Mulawarman (Unmul), Samarinda, kekurangan dosen. Padahal, minat calon mahasiswa yang ingin mengenyam pendidikan di kampus terbesar di Kaltim itu tinggi. Tahun ini, diperkirakan bakal ada tambahan 6.940 mahasiswa baru.

HINGGA Minggu (8/7), jumlah mahasiswa Unmul ada 33.415 orang. Akan bertambah lagi sebanyak 6.940 orang. Total 40.355 mahasiswa yang menuntut ilmu di kampus itu. Kepala Bagian Humas Unmul Muhammad Ikhwan menyebut, jumlah mahasiswa sebanyak itu tak sebanding dengan ketersediaan dosen. Saat ini dosen di Unmul ada 927 orang. Perbandingan  dosen dan mahasiswa idealnya 1:25. Dengan asumsi itu, idealnya Unmul memiliki dosen sebanyak 1.614 orang. Artinya masih kekurangan 687 orang.

Pembantu Rektor I Unmul Afif Ruchaemi mengatakan, tahun ini pihaknya hanya mendapatkan tambahan dosen 24 orang. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) sudah menyepakati jumlah penambahan dosen dari usulan yang diajukan Unmul. “Tapi saya tak tahu persis berapa yang diusulkan Unmul untuk penambahan dosen ini,” jelasnya.

Menurutnya, penambahan dosen akan fokus di fakultas yang kekurangan, seperti Fakultas Teknik dan Komunikasi serta Fakultas Ilmu Budaya. Setelah dua fakultas itu terpenuhi, sisanya untuk memenuhi kebutuhan dosen di fakultas lainnya.

Universitas Mulawarman (Unmul), Samarinda, kekurangan dosen. Padahal, minat calon mahasiswa yang ingin mengenyam pendidikan di kampus terbesar di

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News