Senin, 17 Juni 2019 – 18:31 WIB

Unpad Rumuskan Strategi Wujudkan Program Satu Juta Rumah

Minggu, 27 Agustus 2017 – 15:25 WIB
Unpad Rumuskan Strategi Wujudkan Program Satu Juta Rumah - JPNN.COM

jpnn.com, BANDUNG - Program Studi Doktor Ilmu Manajemen (DIM) Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Padjadjaran (Unpad) menggelar Doctorate Business Issue Forum (Dorbis) Executive Forum 2017 guna membedah program Satu Juta Rumah per Tahun. Melalui seminar nasional dan pameran bertema Properti Untuk Kemajuan Bangsa, Strategi Mencapai Satu Juta Rumah, Unpad mencari solusi bagi pencapaian target program yang dicanangkan pemerintahan Presiden Joko Widodo itu.

Sebelumnya, program Sejuta Rumah per Tahun selaluh meleset dari target. Pada 2015, jumlah rumah terbangun hanya sekitar 699.770 unit. Sedangkan pada 2016 mencapai 805.169 unit rumah.

Untuk 2017 juga masih jauh dari target. Hingga pertengahan tahun ini masih terjadi kekurangan sekitar 541.000 rumah.

Guru Besar FEB Unpad Prof Ernie Tisnawati mengatakan, saat ini terdapat 3,1 juta keluarga yang memiliki rumah lebih dari satu. Sedangkan 11,8 juta keluarga lainnya justru tidak memiliki rumah sama sekali.

Menurutnya, perlu ada strategi kolaborasi antarelemen berbasis pentahelix yang melibatkan akademisi, pemerintah, korporasi, komunitas dan media demi mewujudkan program Satu Juta Rumah. ”Pembangunan perumahan merupakan urusan yang sulit dan juga rumit,” ujar Ernie dalam seminar nasional yang digelar di Kampus Unpad Dipatiukur, Bandung, Sabtu (26/8).

Ernie menegaskan, program itu tidak bisa diselesaikan oleh satu pihak saja. “Beberapa pihak harus berkolaborasi dan harus ada sistem yang mengatur kolaborasi tersebut," cetusnya.

Sedangkan Kaprodi DIM FEB Unpad Sulaeman Nidar mengatakan, hasil dari seminar itu bakal dibukukan. Berbagai masukan dari akademisi, Real Estate Indonesia (REI), pengusaha properti dan perbankan akan dirangkum dalam buku yang akan diserahkan kepada Kementerian PUPR.

“Dan diharapkan akan dapat membantu pemerintah khususnya Kementerian PUPR untuk dapat mewujudkan program Satu Juta Rumah tersebut," ujar Nidar.

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar