Unsri Dapat Bantuan 50 Unit Bus Mahasiswa dari Menhub

Unsri Dapat Bantuan 50 Unit Bus Mahasiswa dari Menhub
Universitas Sriwijaya. Foto: sumeks.co.id

jpnn.com, PALEMBANG - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumardi menyerahkan bantuan 50 unit bus untuk angkutan mahasiswa Universitas Sriwijaya (UNSRI) dari Kampus Palembang ke Indralaya.

Bantuan tersebut sebagai tindaklanjut permohonan dari pihak kampus yang ingin mengganti bus mahasiswa Unsri yang lebih dikenal dengan sebutan Bus Kuning, yang usianya sudah tua.

Rektor Universitas Sriwijaya, Prof Dr Ir Anis Saggaf MT mengatakan angkutan mahasiswa dari Palembang ke Inderalaya kerap menjadi permasalahan setiap tahunnya. Minimnya jumlah armada tak sebanding dengan kebutuhan mahasiswa.

“Bus Kuning ini usianya sudah tua. Jadi hanya beberapa saja yang beroperasi. Makanya, kami Februari lalu mengajukan usulan ke Kementerian Perhubungan armada bus untuk mengangkut mahasiswa. Dan Alhamdulillah disetujui,” ujar Anis di hadapan ribuan mahasiswa yang hadir di acara Dialog Kebangsaan di Graha Sriwijaya, kemarin (26/5).

Anis menuturkan akibat minimnya jumlah armada tersebut, mahasiswa acap kali berebutan saat hendak pergi kuliah. Tak hanya itu, jadwal keberangkatan bus juga tidak bisa dipastikan. “Walau sudah dibantu dengan angkutan Trans Musi, tapi masih juga kurang. Diharapkan bantuan ini bisa mengakomodir kebutuhan yang ada,” katanya.

Menurut Anis, akses antara Palembang dan Inderalaya saat ini sudah sangat lancar. Ditambah lagi dengan keberadaan jalan tol Palindra membuat konektifitas kedua wilayah sangat cepat.

“Bagi kami akademisi di Unsri, konektifitas ini sangat penting karena menjadi jalur utama menuju tempat belajar. Ini juga tak lepas dari peran pemerintah pusat yang telah banyak menggelontorkan dana untuk pembangunan infrastruktur di Sumsel,” terangnya.

Sementara itu, Menhub RI, Budi Karya Sumardi menjelaskan bantuan bus mahasiswa tersebut merupakan bentuk perhatian pemerintah pusat terhadap dunia pendidikan.

Menhub Budi Karya Sumardi menyerahkan bantuan 50 unit bus untuk angkutan mahasiswa Universitas Sriwijaya (UNSRI) dari Kampus Palembang ke Indralaya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News