JPNN.com

Upaya Penyelamatan UMKM oleh Tim Ekonomi Jokowi Dinilai Gagal

Selasa, 22 September 2020 – 14:02 WIB
Upaya Penyelamatan UMKM oleh Tim Ekonomi Jokowi Dinilai Gagal - JPNN.com
Ilustrasi UMKM. Foto: Ahmad Fikri/Antara

jpnn.com, JAKARTA - Sandiaga Salahudin Uno melihat, belakangan ini banyak small-medium enterprise (SME) dan startup di Indonesia mengaplikasikan survival mode agar usahanya dapat kembali melesat ketika pandemi Covid-19 telah berakhir nanti.

Sandi menegaskan, memang patut disayangkan model bisnis survival mode tidak akan bertahan. Sebab, tidak seorang pun tahu kapan krisis ini akan berlalu.

"Bahkan, apa yang disebut normal di masa pra-pandemi harus mengalami pendefinisian ulang," kata pengusaha nasional itu dalam keterangannya, Selasa (22/9).

Oleh karena itu, Sandi menegaskan, yang semestinya dilakukan oleh SME dan startup agar menjadi champion di era New Normal ialah pebisnis harus reinvent pengetahuan bisnis mereka untuk memunculkan model bisnis yang baru.

Sandi mencontohkan, layaknya pertandingan basket, kalau jalan di kanan akan ditutup maka kita harus pintar pivot ke kiri.

Dia menegaskan, bahwa SME dan startup mau tidak mau harus mengedepankan aspek kesehatan dan digitalisasi dalam setiap tahapan bisnis mulai dari pemesanan, pembayaran, produksi, hingga penyediaan barang.

“Zaman sekarang data dan tren bisnis bisa didapatkan dengan mudah. Tinggal mengamati, meniru, dan memodifikasi tren yang ada sehingga memiliki model bisnis baru,” tegasnya.

Dikatakan Sandi, jika dilihat dari aspek dukungan kebijakan pemerintah untuk menyelamatkan ekonomi nasional khususnya UMKM, maka tampaknya jauh dari harapan.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
ridha