Upbit Dukung VerifyVASP Jadi Agen Validasi GLEIF, Manfaatnya Sangat Besar

Upbit Dukung VerifyVASP Jadi Agen Validasi GLEIF, Manfaatnya Sangat Besar
Upbit menyatakan industri kripto membentuk pasar lintas batas dan berkembang. Foto: Dok Upbit

jpnn.com, JAKARTA - Global Legal Entity Identifier Foundation (GLEIF) pada Mei 2023 di Kota Basel mengumumkan bahwa VerifyVASP penyedia solusi RegTech yang berbasis di Singapura yang merupakan Penyedia Layanan Aset Virtual (VASP) dinyatakan telah bergabung dengan Sistem LEI Global sebagai Agen Validasi.

VerifyVASP adalah Agen Validasi pertama yang beroperasi secara eksklusif di ruang perdagangan kripto dan aset digital.

CEO di VerifyVASP Shihyun Chia menyatakan dengan menjalankan peran tersebut, pihaknya saat ini dapat membantu Legal Entity Identifiers (LEI) untuk para pengguna dari VASP dengan cepat dan efisien.

"Termasuk Travel Rule Financial Action Task Force (FATF) yang memiliki hasil akhir yaitu tingkat baru transparansi entitas perdagangan dalam kripto dan aset virtual yang menjangkau lintas batas dan yurisdiksi," beber Chia dalam keterangan yang dikutip di Jakarta, Senin (29/5).

Adapun Travel Rule ini memiliki tujuan untuk memitigasi risiko yang terkait dengan pengalihan aset virtual, terutama dalam identifikasi kepemilikan.

Hal ini mewajibkan VASP untuk mendapatkan, menyimpan, dan mengirimkan informasi bagi penerima yang diperlukan terkait dengan pemindah tangan asset virtual dalam rangka mengidentifikasi dan melaporkan transaksi mencurigakan.

“Sebagai Agen Validasi, kami dapat menggunakan data LEI untuk merampingkan identifikasi VASP dan memfasilitasi identifikasi rekanan, untuk mendukung pengguna kami atas kepatuhan untuk saat ini dan yang akan datang,” ujar Chia.

Chia menjelaskan bahwa Counterparty Due-diligence adalah salah satu tantangan utama yang dihadapi VASP karena tingkat informasi yang diperlukan oleh Travel Rule FATF.

CEO dari Dunamu, operator bursa aset digital terbesar Korea Selatan, Upbit Sirgoo Lee menyatakan industri kripto membentuk pasar lintas batas dan berkembang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News