Update Corona 10 Juni: Penjelasan Yurianto Soal Melonjaknya Pasien Positif Covid-19

Update Corona 10 Juni: Penjelasan Yurianto Soal Melonjaknya Pasien Positif Covid-19
Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Virus Corona, Achmad Yurianto. Foto: Natalia Laurens/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19 Achmad Yurianto beralasan, pelacakan yang agresif membuat penambahan pasien positif dalam hari belakangan yakni Rabu (10/6) dan Selasa (9/6), selalu mencatatkan angka yang tinggi.

Menurut Yuri, jumlah spesimen yang diperiksa setiap harinya semakin bertambah banyak. Bahkan, pemerintah memeriksa spesimen yang datang dari tingkat Puskesmas.

"Penambahan ini disebabkan karena tracing yang agresif dilakukan, sehingga bisa dilihat bahwa penambahan ini spesimen yang dikirim puskesmas. Tidak didominasi spesimen dari rumah sakit," ucap Yuri, sapaan akrab Achmad Yurianto dalam keterangan resmi yang disiarkan akun Youtube BNPB Indonesia, Rabu (10/6).

Menurut Yuri, pelacakan yang agresif cukup efisien menemukan kasus COVID-19 di masyarakat.

Dia pun berharap, seseorang yang dinyatakan positif COVID-19 bisa melakukan isolasi mandiri demi mencegah penularan.

"Sudah brang tentu kami menginginkan kasus ini melakukan isolasi mandiri agar tidak menjadi sumber penularan," beber Yuri.

Sebelumnya, penambahan pasien positif COVID-19 pada hari ini mencetak rekor tertinggi sejak pemerintah mengumumkan kasus COVID-19 pertama terjadi di Indonesia pada 3 Maret 2020

Data Rabu (10/6), penambahan pasien positif COVID-19 sebanyak 1.241 orang. Angka ini memecahkan rekor tertinggi penambahan pasien positif COVID-19 yang tercatat sehari sebelumnya dengan 1.043 orang.

Yurianto berharap, seseorang yang dinyatakan positif COVID-19 bisa melakukan isolasi mandiri demi mencegah penularan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News