Update Corona: Australia Segera Perlonggar Aturan, Penularan di Amerika Serikat Lebih Awal

Update Corona: Australia Segera Perlonggar Aturan, Penularan di Amerika Serikat Lebih Awal
Kepala Petugas Medis Brendan Murphy mengatakan, larangan perjalanan internasional belum menjadi salah satu aturan yang akan segera diperlonggar. (ABC News: Ian Cutmore)

Kepala Petugas Medis Australia Brendan Murphy mengatakan pembatasan perjalanan internasional akan tetap berlaku setidaknya sampai tiga hingga empat bulan lagi, bahkan jika penerapan social distancing diperlonggar.

Profesor Murphy mengatakan kepada komite senat yang sedang mempelajari respon Australia terhadap COVID-19 bahwa peraturan yang berhubungan dengan perbatasan sepertinya akan menjadi langkah terakhir pelonggaran yang akan dilakukan pemerintah.

"Dengan situasi internasional saat ini yang sedemikian rupa, relaksasi peraturan soal perbatasan akan sangat berisiko," katanya.

"Kami baru saja merekomendasikan kepada Kabinet Nasional agar kami melanjutkan larangan yang sangat ketat terhadap warga Australia. Pada dasarnya mereka hanya boleh meninggalkan negara itu jika ada keadaan luar biasa, dan siapapun, kecuali warga negara Australia yang pulang, dilarang masuk."

"Penyebaran internasional virus ini sangat besar."

Kabinet Nasional telah merancang rencana pelonggaran beberapa peraturan dalam waktu tiga minggu ini, tetapi Profesor Murphy mengatakan, tidak akan mungkin ada perubahan peraturan terkait perbatasan di antara rencana relaksasi tersebut.

"Saya tidak membayangkan akan ada perubahan materi [terkait aturan perbatasan] dalam tiga sampai empat bulan ke depan," katanya.

Peraturan mengenai jumlah orang yang berkumpul dapat berubah dalam beberapa minggu

Tetapi Profesor Murphy juga menyampaikan rencana perubahan peraturan yang akan ditinjau oleh Kabinet Nasional.

Kepala Petugas Medis Australia Brendan Murphy mengatakan pembatasan perjalanan internasional akan tetap berlaku setidaknya sampai tiga hingga empat bulan lagi, bahkan jika penerapan social distancing diperlonggar

Sumber ABC Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News