Update Stok Beras hingga April 2024, Bulog: 1,27 Juta Ton

Update Stok Beras hingga April 2024, Bulog: 1,27 Juta Ton
Ilustrasi stok beras Bulog. Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Direktur Utama Perum Bulog Bayu Krisnamurthi mengungkapkan posisi stok beras terkini yang ada di gudang BUMN pangan tersebut.

Menurut Bayu, stok beras pada pertengahan April 2024 mencapai 1,26 juta ton.

“Hingga akhir Lebaran Idulfitri 2024 ini, kalau untuk stok beras Bulog saat ini ada 1,26 juta ton. Itu data posisi terakhir per 17 April 2024”, kata Bayu dikutip di Jakarta, Minggu (21/4).

Bayu menyampaikan pihaknya terus berupaya melakukan penyerapan gabah kering panen (GKP) di tingkat petani untuk pengadaan stok beras dalam negeri.

Perum Bulog mencatat sudah melakukan pembelian sebanyak 187 ribu ton GKP di tingkat petani hingga posisi 17 April 2024.

“Kalau untuk target penyerapan gabah pada 2024 intinya kami sangat usahakan dan berkonsentrasi penuh lakukan pengadaan dalam negeri secara optimal,” kata Bayu.

Sebelumnya, Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas) Arief Prasetyo Adi mengatakan bahwa potensi produksi beras pada April diperkirakan mencapai 4,9 juta ton sehingga dapat memberikan kontribusi signifikan terhadap ketersediaan beras dalam negeri.

“Bulan ini (potensi) panen padi 4,9 juta ton setara beras, Yang kemarin bulan lalu (Februari) dari 3,5 juta ton naik 3,8 juta ton (pada Maret),” kata Arief di sela halalbihalal bersama awak media di Jakarta, Kamis (18/4).

Direktur Utama Perum Bulog Bayu Krisnamurthi mengungkapkan posisi stok beras terkini yang ada di gudang BUMN pangan tersebut.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News